[email protected] (0356) 552770

SETELAH SATU BULAN DIBONGKAR, MASJIB BAITUS SHOLAH MULAI DIBANGUN

  • Agus S

Sadang_Informatif - Masjid Baitus Sholah merupakan masjid utama bagi masyarakat Desa Sadang dalam melaksanakan berbagai kegiatan ibadah. Masjid yang berdiri sejak kurang lebih 40 tahun silam tersebut memiliki nilai historis yang sangat tinggi bagi masyarakat Desa Sadang. Mulai bangunan yang masih sangat sederhana, hingga sekarang bisa menambah bangunan yang lebih besar di bagian depan. Namun setelah penambahan bangunan selesai, terjadi permasalahan pada bangunan lama. Konstruksi kayu yang digunakan untuk penyangga atap mulai rapuh dan membahayakan jama'ah. Disamping itu luas masjid juga dinilai masih kurang, sehingga pada saat ibadah sholat jum'at, banyak jama'ah yang berada dibagian luar masjid karena kapasitas masjid sudah tidak mampu untuk menampung jama'ah lebih banyak.

     Hal inilah yang mendorong Takmir Masjid Baitus Sholah untuk merenovasi sekaligus melakukan pemugaran bangunan masjid lama, namun tanpa meninggalkan nilai historisnya. Sabtu, 7 September 2024, Takmir Masjid Baitus Sholah beserta warga masyarakat Desa Sadang melakukan kegiatan gotong royong untuk pembongkaran bangunan masjid yang lama. Bangunan dirobohkan 100% dan selesai dalam waktu satu hari. Setelah pembongkaran tersebut, jama'ah sholat jum'at yang berasal dari berbagai daerah dan jumlahnya sangat banyak, terpaksa harus melakukan sholat jum'at dihalaman masjid tanpa atap dan hanya beralaskan terpal. Namun demikian tidak mengurangi kekhusuk'an jama'ah dalam beribadah.

     Satu bulan berselang, Takmir Masjid Baitus Sholah mulai melakukan pembangunan kembali. Senin, 9 Oktober 2024, takmir masjid beserta masyarakat Desa Sadang kembali melakukan gotong royong untuk membangun masjid kebanggaan warga Desa Sadang. Agenda gotong royong kali ini adalah pengecoran sloof pondasi utama masjid. Rangka sloff yang telah disusun oleh pekerja selama beberapa minggu dilakukan pengecoran manual dengan teknik estafet. Warga berdiri berjajar dan mengangkat timba berisi cor dari molen ke bagian sloof yang akan dicor. Dalam pengecoran ini terlihat puluhan warga Desa Sadang dari berbagai kalangan ikut membantu demi pembangunan masjid yang mereka banggakan. Selain pengecoran sloof, beberapa pekerja juga nampak sedang menggergaji kayu dengan alat berat. Kayu ini nantinya akan digunakan untuk atap dan tiang utama masjid.

Direncanakan setelah pengecoran selesai dan sloof sudah kering, takmir masjid Baitus Sholah akan segera mengagendakan untuk pemasangan rangka bangunan utama dengan kayu yang telah dipersiapkan. (@gus_sdg)

 

Video pengecoran sloof Masjid Baitus Sholah Sadang dapat disimak melalui Channel Youtube Marning Sadang TV, klik Pengecoran Sloof Masjid Baitus Sholah