[email protected] (0356) 552770

PILKADA TUBAN 2024 SUDAH DEKAT, SATLINMAS PEMDES SADANG TERIMA SERAGAM LENGKAP

  • Agus S

Sadang_Informatif - Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Kabupaten Tuban Tahun 2024 hanya tinggal beberapa pekan lagi. Pesta Demokrasi masyarakat Kabupaten Tuban tersebut akan di gelar serentak di seluruh penjuru wilayah kerja Kabupaten Tuban. Dalam penyelenggaraan kegiatan Pesta Demokrasi tersebut, dibutuhkan pengamanan berlapis. Dimulai pengamanan dari Kepolisian Sektor, Koramil, maupun pengamanan dari dalam Pemerintah Desa sendiri yang tergabung dalam Satuan Perlindungan Masyarakat (LINMAS). Linmas merupakan satuan keamanan yang dibentuk oleh Pemerintah Desa guna membantu pengamanan di wilayah kerja Pemerintah Desa. Masyarakat pedesaan lebih mengenal Linmas dengan sebutan lama, yaitu HANSIP yang merupakan singkatan dari Pertahanan Sipil.

     Linmas dahulunya memiliki seragam berwarna hijau tua dengan atribut topi yang berwarna senada. Dengan adanya perubahan paradigma dan berlakunya Permendagri No. 11 Tahun 2023 tentang Sarana dan Prasarana Bagi Satgas Linmas dan Satlinmas, maka Kepmendagri No. 36 Tahun 1979 tentang Pakaian Seragam dan Atribut Pertahanan Sipil (Hansip) yang mengatur Pakaian Hijau Satlinmas secara resmi dicabut dan tidak belaku lagi, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Safrizal ZA, Rabu  (20/9/2023) di Jakarta saat melakukan sosialisasi perihal perubahan seragam Satlinmas yang diselenggarakan secara virtual dengan dihadiri oleh seribuan peserta dari Kasatpol PP, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa, Camat dan Lurah Seluruh Indonesia.

     Dengan adanya Permendagri Nomor 11 Tahun 2023, secara otomatis seragam LINMAS yang berwarna hijau tua sudah tidak berlaku lagi. Menindak lanjuti hal tersebut, Pemerintah Desa Sadang segerta mengambil kebijakan. Pemerintah Desa Sadang melakukan pembelian seragam beserta perlengkapan LINMAS yang baru untuk dibagikan kepada 35 orang anggota LINMAS Pemerintah Desa Sadang. Pembelian seragam dan Perlengkapan LINMAS terbaru ini dilakukan pada bulan Agustus 2024 dengan menggunakan anggaran dari Alokasi Dana Desa.

     Senin, 23 September 2024, Pemerintah Desa Sadang mengundang seluruh anggota LINMAS Desa Sadang di Pendopo Balai Desa. Anggota LINMAS tersebut diundang untuk menerima seragam dan perlengkapan baru yang terdiri dari pakaian, celana, kaos dalam, kaos kaki, sepatu, peluti, tali peluit, kopel dan pentungan. Pembagian seragam dan perlengakapan LINMAS tersebut diserahkan oleh Ririn Yuliana selaku Kepala Seksi Pemerintahan Desa Sadang dan didampingi oleh Kepala Dusun Sadang, Subandi.

      Seragam dan perlengkapan terbaru LINMAS Pemerintah Desa Sadang ini juga dipersiapkan untuk melaksanakan pengamanan PILKADA Kabupaten Tuban Tahun 2024. Sehingga pada saat pengamanan PILKADA berlangsung, LINMAS sudah tidak lagi menggunakan seragam hijau yang sudah tidak berlaku lagi secara hukum. (@gus_sdg)

Video penyerahan seragam LINMAS Pemdes Sadang dapat disimak melalui Channel Youtube Marning Sadang TV, klik Pembagian Seragam LINMAS Desa Sadang