[email protected] (0356) 552770

SATLINMAS DESA SADANG JUARA HARAPAN 2 LOMBA PBB

  • Agus S

Sadang_Informatif - Bulan Oktober merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pada bulan ini TNI merayakan hari jadi atau hari ulang tahun yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Pada ulang Tahun TNI yang ke-79 ini, TNI mengambil Tema  "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju".  Tema ini menekankan peran TNI dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara, serta kontribusi mereka dalam pembangunan nasional. TNI sebagai pilar pertahanan negara harus terus bertransformasi menjadi kekuatan modern, profesional, dan responsif terhadap perubahan strategis global, regional, dan nasional.

     Merayakan Hari Ulang Tahun TNi yang ke-79, Komando Rayon Militer (KORAMIL) Kecamatan Jatirogo menyelenggarakan beberapa perlombaan-perlombaan. Perlombaan tersebut tidak hanya untuk anak sekolah, namun juga untuk instansi Pemerintah Desa. Beberapa perlombaan tersebut diantaranya adalah lomba PBB tingkat SD/MI, lomba mewarnai untuk TK/RA, lomba PBB untuk Linmas dan beberapa lomba lainnya.

     Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) Desa Sadang turut andil dalam perlombaan PBB yang dikhususkan untuk LINMAS se Kecamatan Jatirogo. Dalam perlombaan yang diselenggarakan tanggal 3 Oktober 2024 tersebut, 13 orang dari 35 anggota LINMAS Desa Sadang dipilih untuk mewakili Desa Sadang dalam lomba PBB LINMAS. Berbagai persiapan pun dilakukan oleh SATLINMAS Desa Sadang dalam menyonsong lomba PBB tersebut. Mulai dari pembelian seragam dan perlengkapan baru dan latihan PBB yang dibimbing langsung oleh Babinsa Desa Sadang, Sertu Wiji.

     Dalam pelaksanaan lomba, beberapa kejadian unik terjadi. Satu regu LINMAS dari salah satu Desa mengurungkan niat untuk mengikuti lomba dan memilih untuk kembali pulang bersama anggota regunya. Hal ini mengakibatkan regu LINMAS Desa tersebut otomatis didiskualifikasi oleh juri. Selain itu, ada juga LINMAS yang masih menggunakan seragam lama yang berwarna hijau didalam perlombaan, yang mana seragam LINMAS yang baru berwarna abu-abu.

     Linmas Desa Sadang mendapatkan nomor 6 dalam urutan lomba. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri dikarenakan bisa melihat dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan oleh peserta yang maju lebih awal. Setelah pelaksanaan lomba, pengumuman pemenang pun dibacakan di hari yang sama oleh Dewan Juri. LINMAS Desa Sadang berhak mendapatkan Juara Harapan 2 dan mendapatkan piala serta piagam. Terima Kasih Koramil Jatirogo yang telah melaksanakan Lomba PBB, Koramil Jaya !! , ungkap Suwadi selaku komandan LINMAS Desa Sadang setelah menerima piala. Hadiah berupa piala dan piagam diserahkan langsung oleh Komandan Koramil Jatirogo kepada para pemenang. Setelahnya, para pemenang lomba PBB Linmas diajak untuk foto bersama seluruh anggota Koramil Jatirogo. (@gus_sdg)

Video lomba PBB dan penyerahan piala kepada LINMAS Desa Sadang dapat disimak melalui Channel Youtube Marning Sadang TV, klik Lomba PBB LINMAS Desa Sadang