[email protected] (0356) 552770

BNPB KABUPATEN TUBAN SERAHKAN BANTUAN 6 UNIT TANDON AIR

  • Agus S

Sadang_Informatif - Musim kemarau masih melanda di hampir sebagian besar wilayah Kabupaten Tuban. Meskipun beberapa hari terakhir sudah turun hujan, namun kenyataannya sumber mata air bersih masih belum normal di beberapa kawasan. Tak terkecuali di wilayah Desa Sadang yang sebagian besar terdiri dari dataran yang cukup tinggi dengan kondisi tanah padas dan cenderung berkapur. Sejak awal bulan Agustus 2024, volume air bersih jumlahnya terus menyusut. Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Sadang yang memiliki salah satu cabang usaha yang bergerak di bidang penyediaan air bersih (PAM), kewalahan dalam membagi dan mendistribusikan pasokan air bersih untuk Desa Sadang. Hal tersebut dikarenakan debit air yang ada di tandon utama volumenya terus menyusut. Bahkan sejak awal September 2024, air hanya dialirkan dengan interval 12 hari sekali dan dibagi keseluruh wilayah Desa Sadang.

     Dengan terus menyusutnya debit air bersih di PAM BUMDES Sadang, maka Pemerintah Desa Sadang berinisiatif untuk mengajukan bantuan air bersih. Pengajuan tersebut ditujukan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPD) Kabupaten Tuban melalui Camat Jatirogo. Sejak diajukan, BNPB telah mengirim bantuan air bersih puluhan tangki ke Desa Sadang. Dalam penyalurannya, BNPB Kabupaten Tuban menyediakan tandon terpal portabel yang ditempatkan dibeberapa titik. Keberadaan tandon terpal tersebut dinilai sangat membantu dan memudahkan petugas saat penyaluran bantuan air bersih. Masyarakatpun juga dimudahkan karena tidak perlu lagi membuat tandon terpal manual seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

     Melihat kebutuhan air bersih masyarakat Desa Sadang yang masih sangat tinggi dan musim hujan belum juga turun, BNPB Kabupaten Tuban menerjunkan tim nya untuk memberikan bantuan kepada Pemerintah Desa Sadang. Bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk tandon air dengan kapasitas 1.200 liter. Bantuan tandon air dengan jumlah 6 unit tersebut diserahakan langsung oleh Yumawan Purwanto, S.E selaku Jf. Analis Kebencanaan BPBD Kabupaten Tuban dan diterima oleh Sekretaris Desa Sadang, Agus Sungaedi pada Kamis 26 September 2024 di Pendopo Balai Desa Sadang.

     Ini ada bantuan tandon air dengan kapasitas 1.200 liter Pak Sek, nanti bisa ditempatkan di beberapa tempat yang membutuhkan bantuan air bersih, satu titik bisa ditempati 2 unit tandon sekaligus jika diperlukan, ujar Yumawan Purwanto. Nanti setelah dipasang di masing-masing tempat, bisa difotokan dan dilaporkan kepada kami melalui WhatsAPP, imbuh beliau. Dengan adanya bantuan tandon air ini diharapkan lebih memudahkan warga Desa Sadang dalam menerima bantuan air bersih dari BNPB Kabupaten Tuban kedepannya. (@gus_sdg)

Video penyaluran bantuan tandon air dari BNPB Tuban dapat disimak melalui channel Youtube Marning Sadang TV, klik Bantuan Tandon Air dari BPBD Tuban