PKA DESA SADANG RAMPUNGKAN PEMBANGUNAN JALAN PAVING LINGKUNGAN DAN SALURAN DRAINASE RT.02 RW.08

  • Jun 14, 2024
  • Agus S

Sadang_Informatif - Kondisinya sudah mengalami kerusakan parah dengan adanya lubang hampir di sepanjang jalan. Jalan lingkungan yang memiliki panjang kurang lebih 135 meter dan terletak di RT.02 RW.08 Desa Sadang ini dulunya memang pernah dibangun dengan konstruksi aspal dengan landasan awal batu (makadam). Pembangunan jalan menggunakan aspal tersebut sudah hampir 20 tahun yang lalu dikerjakan oleh Pemerintah Daerah. Dan kini kondisi jalan lingkungan tersebut sangat memprihatinkan. Batuan yang menjadi landasan awal jaan sudah muncul ke permukaan di sertai dengan kerikil dan batu koral yang tersebar membuat jalan sedikit licin dan berbahaya. Hal tersebut diperparah dengan tidak adanya saluran air pembuangan (drainase) di sisi jalan. Sehingga air hujan dari rumah warga mengalir begitu saja ke badan jalan dan menimbulkan genangan.

     Ketua RT.02 RW.08, Mudi Hardhyo tidak tinggal diam melihat kondisi jaan lingkungannya yang memprihatinkan tersebut. Melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) pada tahun 2021 yang lalu, beliau mengusulkan pembangunan jalan dilingkungannya. Setelah tiga tahun menunggu, akhirnya pembangunan Jalan Lingkungan RT.02/RW.08 tersebut direalisasikan oleh Pemerintah Desa Sadang dengan menggunakan alokasi Dana Desa (DD) pada Tahun Anggaran 2024. Adapun anggaran untuk pembangunan jalan paving lingkungan dan saluran drainase RT.02 RW.08 tersebut sebesar Rp. 143.934.100,-.

     Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) yang ditunjuk oleh Kepala Desa Sadang, yakni Sadik selaku Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Desa Sadang segera melakukan pengajuan pencairan DD melalui Sekretaris dan Bendahara Desa di awal Tahun Anggaran 2024. Setelah DD disalurkan oleh Pemerintah Pusat di minggu awal Bulan April, DD untuk pembangunan jalan paving lingkungan dan saluran drainase RT.02 RW.08 tersebut bisa cair di minggu akhir bulan April 2024. Setelah DD dicairkan, Sadik segera melakukan survey lokasi untuk pengadaan batu Pavingstone dengan kualitas terbaik. Setelah survey di beberapa tempat, akhirnya pilihan jatuh pada industri pavingstone di daerah Bojonegoro.

     Akhir bulan April 2024 kegiatan pembangunan jalan lingkungan dan saluran drainase mulai dikerjakan. Pekerjaan memakan waktu kurang lebih 40 hari kerja dengan jumlah pekerja mencapai 35 orang. Pada minggu pertama bulan Juni 2024 pekerjaan selesai dilakukan 100%. Warga yang pada awalnya kesulitan untuk mengalirkan air pembuangan rumah tangga kini bisa bernafas lega. Limbah rumah tangga dan air hujan kini sudah bisa melalui jalur Drainase yang baru. Sehingga pada saat hujan turun, tidak ada lagi genangan air di tengah jalan lingkungan. Jalan yang awalnya dipenuhi batu dan semak belukar kini juga telah berubah menjadi jalan paving yang bersih, rapi dan indah. Warga pun merasa sangat terbantu dengan adanya pembangunan jalan paving linkungn dan drainase di RT.02 RW.08 ini karena akses tranportasi roda 2  dan roda 4 menjadi lebih mudah dan nyaman.

Video Dokumentasi pembangunan jalan paving dan drainase RT.02/Rw.08 dapat disimak melalui Channel Youtube Marning Sadang TV, klik https://youtu.be/pembangunanjalanlingkunganrw8