PKA DESA SADANG KEMBALI SELESAIKAN PEMBANGUNAN SALURAN DRAINASE YANG MAMPET

  • Jun 26, 2024
  • Agus S

Marning_Sadang - Saluran Drainase sepanjang 200 meter yang terletak di wilayah RT.01/RW.08 kondisinya sangat memprihatinkan. Saluran pembuangan air limbah rumah tangga dan sekaligus penampung aliran air hujan tersebut hampir rata dengan tanah dan nyaris tidak terlihat seperti saluran air. 60% saluran telah tertutup dengan tanah dan sebagian saluran yang masih aktif kondisinya mampet dan tidak mengalir. Hal tersebut mengakibatkan air menggenang lama dan berwarna hitam, sehingga mengakibatkan bau yang sangat menyengat.

     Hal ini mengakibatkan Ketua RT.01/RW.08 yang juga seorang Pensiunan Polisi, Bapak Hariyadi resah. Keresahan beliau kemudian dituangkan dan disalurkan kedalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) di Tahun Anggaran 2023. Pemerintah Desa Sadang kemudian merespon usulan tersebut dan memprioritaskan pada pembangunan fisik di Tahun Anggaran 2024 dikarenakan pembangunan fisik di Tahun Anggaran 2023 sudah penuh dan angaran sudah tidak mencukupi.

     Pembangunan pun dilaksanakan oleh Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) Desa Sadang dan dimulai pada tanggal 20 Mei 2024. Kegiatan pembangunan tersebut menggunakan anggaran Dana Desa Tahun 2024 sebesar Rp. 90.535.400,-. Pembangunan tersebut melibatkan 35 orang pekerja dan tukang bangunan. Saluran Drainase RT.01/RW.08 tersebut memiliki dimensi sbagai berikut :

- panjang 200 meter

- lebar pasangan atas 25cm

- lebar pondasi 30cm

- tinggi pondasi 25cm

- tingga pasangan drainase 40cm, dan

- lebar dasar saluran drainase 40cm

     Setelah pengerjaan saluran drainase selesai, aliran air limbah rumah tangga menjadi lancar. Selokan yang sebelumnya menggenang berwarna hitam seperti sayur cumi-cumi, kini sudah tidak ada lagi. Air limbah rumah tangga dan air hujan pun mengalir melalui gorong-gorong yang telah dibangun. Warga pun mengaku sudah tidak resah lagi saat musim hujan, terutama saat hujan dengan intensitas tinggi. Air hujan yang sebelumnya mengalir ke segala arah di jalan pemukiman, kini mengalir melalui drainase baru. (@gus_sdg)

Video Pembangunan Saluran Drainase RT.01/RW.08 dari 0% hingga 100% dapat disimak melalui Channel Youtube Marning Sadang TV, klik https://youtu.be/pembangunandrainase