PEMDES SADANG SELESAIKAN PEMBANGUNAN TPT DARI DD TAHAP 1 TAHUN ANGGARAN 2024

  • May 22, 2024
  • Agus S

Sadang_Informatif - Pemerintah Desa Sadang telah menyelesaikan pembangunan fisik perdana yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2024 pada awal kuartal kedua Tahun 2024. Proyek fisik yang telah rampung dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Sadang tersebut adalah pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang berlokasi di RT.03/RW.02 Desa Sadang. TPT atau yang biasa disebut masyarakat sebagai "Plengsengan/Pondasi" tersebut dibangun pada bidang tanah sepanjang 107 meter. Dari total panjang tanah tersebut dibagi menjadi 2 bagian yakni Panjang 1 (P1) dan Panjang 2 (P2). Pembagian panjang tersebut mengingat lokasi pembangunan yang tidak rata. P1 memiliki kontur tanah yang lebih tinggi dibandingkan P2, sehingga ketinggian pemasangan TPT pun berbeda.

     Pelaksanaan pembangunan TPT RT.03/RW.02 mulai dikerjakan pada tanggal 24 April 2024 dan selesai pada tanggal 20 Mei 2024. Pembangunan fisik ini menggunakan anggaran Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp. 54.947.000,-. Adapun tenaga kerja yang terlibat dalam pembangunan fisik TPT RT.03/RW.02 ini adalah masyarakat lokal Desa Sadang. Hal ini mengingat program Pemerintah Pusat yang bertajuk Padat Karya Tunai (PKT). Dalam program PKT tersebut Pemerintah Desa diwajibkan untuk memberdayakan masyarakat lokal dalam pembangunan fisik yang ada di Desa.

     Tujuan dari dibangunnya TPT RT.03/RW.02 ini adalah untuk memberikan kekutan kepada tanah yang rawan longsor karena kontur tanah yang relatif tinggi dari bidang sekitarnya. Disamping itu, dengan dibangunnya Tembok Penahan Tanah ini, jalan setapak yang menuju ke areal sumur umum, pemakaman umum dan persawahan ini menjadi lebih mudah dilewati kendaraan daripada sebelumnya. Hal ini dikarenakan jalan menjadi lebih lebar dan rata sehingga kendaraan roda dua dan roda empat bisa leluasa untuk melewatinya.

     Para petani yang setiap hari melewati jalan ini menjadi lebih mudah dalam mengangkut hasil panen dan pakan ternak. Selain itu, warga Desa Sadang yang biasa mengambil air disumur umum yang terletak ditepi persawahan saat musim kemarau pun menjadi lebih mudah. Sebelumnya, warga harus bersusah payah melewati jalan tersebut dengan membawa wadah air saat musim kemarau tiba. Akses menuju ke pemakaman barat Desa Sadang pun kini menjadi semakin mudah, sehingga warga yang mengantar jenazah ke pemakaman tidak perlu lagi melewati jalan memutar yang jaraknya lebih jauh. (@gus_sdg)

Video proses pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) RT.03/RW.02 Bisa disimak melalui Channel Youtube Marning Sadang TV, klik : https://youtu.be/pembangunantembokpenahantanah