JUMLAH PENDONOR OVERLOAD, PMI KEHABISAN STOK KANTONG DARAH

  • May 15, 2024
  • Sadang

Sadang_Informatif – Pemerintah Desa Sadang kembali menyelenggarakan kegiatan sosial, yakni Donor Darah rutin bersama Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Tuban. Kegiatan sosial tersebut diselenggarakan tepat 76 hari setlah Donor Darah yang diselenggarakan pada 29 Pebruari yang lalu. Jangka waktu tersebut sudah sesuai dengan ketentuan minimal jarak donor darah yang ditentukan oleh petugas kesehatan.

     Seperti sebelumnya, kegiatan donor darah yang dislenggarakan pada Rabu, 15 Mei 2024 tersebut diselenggarakan di Pendopo Balai Desa Sadang. Dengan konsep donor darah outdoor menggunakan kursi santai, para pendonor terlihat lebih nyaman daripada dengan donor darah didalam mobil van atau donor menggunakan bed (tempat tidur).

     Pihak UDD PMI Kabupaten Tuban yang berangkat dari Kantor di jalan Pramuka Tuban menargetkan ada 50 pendonor di Balai Desa Sadang. Namun perkiraan tersebut sama sekali diluar perkiraan petugas. Sejak tiba di Pendopo Balai Desa Sadang pukul 08.45 WIB, petugas PMI sudah ditunggu oleh pendonor yang mayoritas adalah Ibu-Ibu. Mereka sudah menunggu sejak pukul 08.00 WIB. Bahkan Ibu-Ibu tersebut terus “Nggugupi” Perangkat Desa Sadang karena petugas telat tiba dilokasi.

     Waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 WIB, dan para pendonor masih terus berdatangan. Petugas pun dibuat kewalahan lantaran antrian yang sangat panjang sedangkan jumlah petugas hanya 3 orang. Dapat 60 kantong Mas, tadi ada yang datang lagi tapi saya tolak karena kantong darahnya habis, kita hanya bawa stok 60 kantong, dan kita arahkan untuk ikut kegiatan selanjutnya, Ujar Sarju Efendi selaku Koordinator Tim UDD PMI Kabupaten Tuban.

     Jumlah pendonor ini mengalami kenaikan yang sangat signifikan, dimana pada bulan-bulan sebelumnya pendonor hanya berjumlah maksimal 50 orang. Total pendonor yang datang berjumlah 69 orang pendonor, namun 9 orang terpaksa tidak bisa mendonorkan darahnya dikarenakan tensi darah yang terlalu rendah/tinggi, kadar Hemoglobin yang terlalu rendah/tinggi, dan sebagian tidak bisa donor dikarenakan baru saja melakukan terapi bekam.

     Dari 69 orang pendonor yang datang tsebut, 10% adalah pndonor baru yang datang untuk mendonorkan darah pertama kali. Pendonor baru tersebut mendapatkan rekomendasi untuk mengikuti donor darah dari teman kerja maupun saudara dan tetangganya. Pendonornya luar biasa banyak Mas, kedepan jumlah personil akan kita tambah agar tidak kewalahan, ungkap Sarju Efendi kepada admin. (@gus_sdg)

Video Donor Darah tanggal 15 Mei 2024 dapat disimak melalui Channel Marning Sadang TV, klik : https://youtu.be/donordarahpemdessadangmei2024