GUGUR GUNUNG WARGA DESA SADANG JELANG SEDKAH BUMI 2024

  • Jun 26, 2024
  • Agus S

Marning_Sadang - Sedekah Bumi tahun 2024hanya tinggal menghitung hari. Persiapan demi persiapan terus dilakukan oleh Pemerintah Desa Sadang untuk menyambut hari sakral untuk mengadakan syukuran atas hasil bumi yang diproleh warga Desa Sadang selama setahun. Salah satu persiapan tersebut adalah dengan melaksanakan kerja bakti atau yang dikenal dengan istilah Gugur Gunung.

     Kegiatan kerja bakti dilaksanakan oleh masyarakat Desa Sadang serentak pada hari Minggu, tanggal 23 Juni 2024. Adapun tempat pelaksanaan kerja bakti mencaup seluruh wilayah Desa Sadang dan dipimpin oleh Ketua RT dan Ketua RW di masing-masing wilayah kerjanya.

     Kerja bakti juga diselenggarakan di punden Sumur Uni dan Punden Sumur Gedhe yang menjadi pusat pelaksanaan kegiatan Sedkah Bumi. Warga secara sukarela membersihkan area disekitar dua sumur tersebut yang nantinya akan digunan untuk kegiatan makan bersama atau yang dikenal dengan istilah Manganan .

     Selain dipunden, warga juga melakukan penyemprotan rumput liar disepanjang jalan lingkungan, khususnya jalan menuju sumur gedhe. Hal tersebut dimaksudkan agar saat pelaksanaan sedekah bumi pada tanggal 29 Juni 2024 dapat terselenggara dengan lancar tanpa terganggu oleh rumput liar. (@gus_sdg)

Video Kerja Bakti Sumurgedhe dan Sumuruni dapat disimak melalui Channel Youtube Marning Sadang TV, klik https://youtu.be/gugurgunungjelangsedekahbumi2024