Artikel

PATROLI SIJALINMAJATARU 2024 PEMERINTAH DESA SADANG

01 Januari 2024 16:13:05  Agus Sungaedi  85 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang_Informatif - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kembali menggelar kegiatan Sigap Jaga Lindungi Masyarakat Jawa Timur Malam Tahun Baru (SIJALINMAJATARU) untuk Tahun 2024. Kegiatan yang sudah berlangsung sejak Tahun Baru 2023 tersebut digelar dalam rangka untuk menumbuhkan kembali kegiatan patroli lingkungan untuk memelihara ketenteraman dan ketertiban umum di wilayah desa dan kelurahan. Dengan Semangat OPTIMIS JATIM BANGKIT, Gubernur Jawa Timur dan Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur menginisiasi serta mengajak seluruh masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut di seluruh desa dan kelurahan se Jawa Timur secara Hybrid bersama Gubernur Provinsi Jawa Timur di daerah masing-masing.

     Dalam kegiatan SIJALINMAJATARU 2024, Pemerintah Desa Sadang ikut andil untuk berpartisipasi secara aktif seperti tahun 2023 yang lalu. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam Patroli yang bertajuk SIJALINMAJATARU tersebut. Kegiatan diawali dengan Patroli Keliling Pemerintah Desa Sadang di wilayah pemukiman warga yang melibatkan unsur Babisa, Bhabinkamtibmas, BPD, LPMD dan Satuan Linmas. Patroli dilakukan dengan berjalan keliling kampung dengan membawa obor yang terbuat dari bambu sambil membunyikan kentongan bambu.

     Tim Patroli akan berhenti sejenak sambil menyapa warga yang sedang melakukan penjagaan di Poskamling Desa sambil memberikan himbauan keamaan di malam tahun baru. Nanti jika ada anak muda yang trek-trek an diwilayah sini langsung ditindak saja nggih Pak, ujar Suci Arini selaku Kepala Desa kepada warga yang berjaga di Poskamling.

     Setelah kegiatan patroli selesai, Tim Patroli kemudian kembali ke pendopo Balai Desa untuk mengikuti zoom meeting SIJALINMAJATARU yang digelar oleh Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur. Sambil menunggu zoom meeting dimulai, seluruh peserta Sijalinmajataru Desa Sadang mengadakan acara bakar ikan laut di halaman balai Desa Sadang. Setelah semua peserta selesai makan malam, tiba saatnya zoom meeting dimulai. Tepat pada pukul 23.00 WIB, seluruh peserta zoom meeting yang dipimpin oleh Satuan Polisi Pamong Praja Jawa Timur melakukan pemukulan kentongan secara serentak. Pemukulan kentongan serentak ini menandakan pergantian dari Tahun 2023 ke Tahun 2024.

     Selain untuk menjaga keamanan, kegiatan SIJALINMAJATARU ini juga bertujuan untuk memecahkan rekor pemukulan kentongan serentak terbanyak. Bekerja sama dengan beberapa sponsor yakni JTV dan PT. Kencana Baja, kegiatan Patroli Sijalinmajataru juga memperebutkan hadiah. Hadiah tersebut diberikan kepada tim dengan penilaian video patroli keliling terbaik dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Semoga kali ini Tim Desa Sadang menang yah...,(@gus_sdg)

Video Patroli SIJALINMAJATARU Pemdes Sadang dapat disimak melalui Youtube Marning Sadang V, klik : https://Sijalinmajataru2024

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:992
    Kemarin:1.972
    Total Pengunjung:2.692.385
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.222.218.145
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com