Artikel

10 DESA SEPAKAT MENGGUNAKAN JASA PIHAK 3 UNTUK PENYUSUNAN SOAL TEST PERANGKAT DESA

25 Mei 2023 08:30:04  Agus Sungaedi  337 Kali Dibaca  Berita Desa

Marning_Sadang - Sebanyak 10 Desa di Kecamatan Jatirogo memiliki kekosongan jabatan Perangkat Desa. Kekosongan tersebut terdiri dari Jabatan Kepala Urusan (KAUR), Kepala Seksi (KASI) dan Kepala Dusun (KAMITUWO). Pengisian kekosongan Perangkat Desa di Kecamatan Jatirogo terakhir kali diselenggarakan pada Tahun 2020 silam dan pelantikannya dilaksanakan pada Bulan April 2021 yang Lalu. Dua tahun berselang, 10 Desa di Kecamatan Jatirogo banyak terjadi kekosongan Perangkat Desa yang disebabkan karena masa jabatan yang sudah habis. Seperti diketahui, masa Pensiun Perangkat Desa adalah di usia 60 tahun.

     Desa Sadang, Bader, Sekaran, Kedungmakam, Sugihan, Kebonharjo, Karangtengah, Jatiklabang , Wotsogo dan Wangi adalah Desa yang memiliki kekosongan jabatan Perangkat Desa. Bahkan salah satu dari Desa tersebut terdapat kekosongan 2 jabatan Perangkat Desa sekaligus. Dikarenakan banyaknya jabatan Perangkat Desa yang kosong, Bupati Tuban menginstruksikan agar segera dilaksanakan ujian dalam rangka Pengisian Perangkat Desa Tahun 2023.

     Menanggapi Instruksi dari Bupati Tuban tersebut, Deny Susilo Hartono, S.STP,M.M segera bergerak cepat. Beliau mengadakan rapat koordinasi dengan 10 Kepala Desatersebut diatas untuk melakukan pembahasan awal terhadap pelaksanaan ujian Perangkat Desa di Tahun 2023 ini. Rapat Koordinasi tersebut dilaksanakan di pendopo Kecamtan Jatirogo pada hari Rabu, tanggal 24 Mei 2023. Camat Jatirogo memberikan instruksi kepada Kepala Desa agar terlebih dahulu mengadakan evaluasi terhadap Perangkat Desa, jika dirasa perlu maka Kepala Desa dapat memutasi jabatan Perangkat Desa yang ada sebelum melakukan ujian Perangkat Desa.

     Dalam rapat koordinasi tersebut juga disepakati bahwa soal ujian yang akan digunakan untuk ujian Perangkat Desa Tahun 2023 akan dipercayakan kepada pihak ketiga yang kredibel. Pihak ketiga tersebut adalah Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya. Dalam waktu dekat, Camat Jatirogo akan segera mengirimkan surat resmi kepada pihak UNAIR guna permohonan kerja sama pengadaan soal ujian Perangkat Desa di Kecamatan Jatirogo. Setelahnya, Camat Jatirogo akan mengundang pihak UNAIR untuk melakukan sosialisasi dan koordinasi Kepada 10 Kepala Desa di Kecamatan Jatirogo  tentang muatan soal ujian yang nantinya akan dimasukkan ke dalam soal test Perangkat Desa. (@gus_sdg)

Video Rakor Kepala Desa dalam rangka pembahasan awal ujian Perangkat Desa dapat disimak melalui Youtube Channel Marning Sadang TV, klik https://youtu.be/ujianperangkatdesa

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:190
    Kemarin:3.621
    Total Pengunjung:2.765.753
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.166.170.195
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com