Artikel

KEPALA PUSKESMAS JATIROGO SERAHKAN PIAGAM ODF UNTUK 4 DESA

12 Mei 2023 17:28:53  Agus Sungaedi  235 Kali Dibaca  Berita Desa

Marning_Sadang - Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Hal ini merujuk pada ketersediaan tempat buang air besar (jamban) di setiap rumah penduduk dengan syarat pengguna jamban tidak melebihi sepuluh orang untuk setiap unit jamban. Pada setiap tahunnya seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) di wajibkan untuk melakukan orientasi dan pemicuan sehingga pada akhirnya akan mendeklarasikan beberapa Desa dalam ruang lingkup kerjanya untuk menjadi Desa ODF. Pengertian dari Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free) sendiri adalah Desa/kelurahan yang 100% masyarakatnya telah buang air besar di jamban sehat.

     Dalam pertemuan Loka Karya Mini Lintas Sektor Unit Organisasi Berbasis Fungsional  (UOBF) Puskesmas Jatitogo yang diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 11 Mei 2022, Kepala Puskesmas Jatirogo memberikan piagam untuk 4 Desa. Desa terebut adalah Desa Sadang, Demit, Sidomulyo dan Desa Sugihan yang berada di wilayah kerja Puskemas Jatirogo. Keempat Desa tersebut sudah dinyatakan sebagai Desa ODF pada tahun 2022 yang lalu melalui Deklarasi Desa ODF yang diselenggarakan di Desa masing-masing.

     Penyerahan Piagam Desa ODF diserahkan langsung oleh dr. Abdullah Khamdi selaku Kepala Puskesmas Jatirogo. Target di Tahun 2023 ini Desa di Kecamatan Jatirogo harus menjadi Desa ODF 99%, dan Tahun 2024 mendatang Kabupaten Tuban menargetkan menjadi Kabupaten ODF, Ujar dr. Khamdi, sapaan akrab beliau. Lebih lanjut beliau menjabarkan bahwa di wilayah kerja Puskesmas Jatirogo yang berjumlah 9 Desa, hanya tinggal 3 Desa yang belum ODF. Desa tersebut yakni Desa Dingil, Desa Kedungmakam dan Desa Sekaran. Dari tiga Desa tersebut, Puskesmas Jatirogo menargetkan Desa Dingil dan Desa Kedungmakam menjadi Desa ODF untuk tahun 2024 mendatang. (@gus_sdg)

Video Penyerahan Piagam Desa ODF dan Penandatanganan Komitmen Peningkatan Mutu Puskesmas Jatirogo dapat disimak melalui Channel Youtube Marning Sadang TV, klik : https://youtu.be/piagamodf

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:3.275
    Kemarin:2.744
    Total Pengunjung:2.765.217
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.192.107.255
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com