Artikel

PPID DESA SADANG RAIH JUARA 3 KI AWARD JATIM 2023

04 Desember 2023 00:43:47  Agus Sungaedi  787 Kali Dibaca  Berita Desa

Marning_Sadang - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Desa Sadang dinobatkan sebagai Juara 3 Tingkat Provinsi sebagai PPID Pemerintah Desa terbaik di Provinsi Jawa Timur pada Tahun 2023. Penghargaan ini disematkan kepada PPID Pemerintah Desa Sadang dalam acara spektakuler yang bertajuk "KI AWARD JATIM 2023". Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik "KI AWARD" Tahun 2023 Tingkat Provinsi Jawa Timur  tersebut diselenggarakan di Grand Swiss Belhotel Darmo Surabaya pada hari Senin, tanggal 4 Desember 2023.

     KI AWARD merupakan wujud komitmen dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur untuk memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi Badan Publik yang telah memberikan informasi kepada masyarakat luas secara informatif dan transparan. Keterbukaan Informasi Publik merupakan kewajiban pemerintah untuk memberikan akses yang cukup dan mudah bagi masyarakat untuk memperoleh informasi yang diperlukan. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat ikut serta dalam pengambilan kebijakan dan mengambil keputusan yang tepat. Keterbukaan informasi publik juga dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah dalam melakukan tugas dan fungsinya.

     Dalam malam spesial ini, Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur ini memberikan penghargaan kepada 43 Badan Publik dengan kategori  diantaranya  adalah Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Desa, BUMD,  OPD Pemrov Jatim serta Badan Publik Vertikal.

     “Jika keterbukaan itu menjadi strategi, maka akan menjadi sebuah motivasi. Nah, kita ingin menggeser paradigmanya. Dari sekadar kepatuhan ke strategi dan keunggulan kompetitif,” ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. H. Emil Elisianto Dardak B.Bus., M.Sc. pada saat membuka acara.

    “Keterbukaan informasi bukan hanya merupakan amanat dari Undang-Undang 18/2008. Namun, harus juga menjadi bagian terintegrasi dengan upaya transformasi digital dalam pelayanan publik, sistem pemerintahaan berbasis elektronik, dan pengadaan layanan barang dan jasa. Semua ini tentu melibatkan keterbukaan informasi. Jadi, keterbukaan informasi adalah prasyarat untuk mendorong tata kelola yang amanah. Tata kelola pemerintah yang amanah adalah manunggalnya pemerintah dan masyarakat,” papar Emil.

     Pemerintah Desa Sadang memperoleh Juara 3 Provinsi dalam kategori Pemerintah Desa Menuju Informatif. Dalam kategoti Pemerintah Desa, ada 4 pemenang yang dinobatkan oleh Komisi informasi Jawa Timur. 1 Pemenang utama adalah PPID Pemerintah Desa Informatif dan 3 pemenang lainnya adalah PPID Pemerintah Desa Menuju Informatif. Penilaian akhir yang diperoleh Pemerintah Desa Sadang memiliki selisih 6 point dengan Pemerintah Desa yang duduk di posisi juara 2.

     "Meskipun baru menyandang predikat PPID Pemerintah Desa Menuju Informatif Tahun 2023, penghargaan ini sangat luar biasa bagi kami selaku PPID Desa Sadang dan ini sungguh diluar ekspektasi kami" ujar Agus Sungaedi selaku Ketua PPID Desa Sadang dan sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Desa Sadang. "Semoga Tahun 2024 mendatang, posisi PPID Desa Sadang dapat merangkak naik menjadi PPID Pemerintah Desa Informatif minimal naik 1 tingkat" imbuhnya. (@gus_sdg)

Video penyerahan Piagam dalam rangka Malam Anugerah KI Award Jatim 2023 dapat disimak melalui Channel Youtube Marning Sadang TV, klik https://youtu.be/kiawardjatim2023

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.429
    Kemarin:1.972
    Total Pengunjung:2.692.822
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.222.218.145
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com