Artikel

5% HASIL PENGELOLAAN TANAH BENGKOK KEPALA DESA DISUMBANGKAN KEPADA ANAK YATIM

28 Desember 2023 18:25:16  Agus Sungaedi  83 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang_Informatif - Pada saat kampanye Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2019 silam, 2 calon Kepala Desa Sadang yang mengikuti Pesta Demokrasi masing-masing mendeklarasikan Pakta Integritas jika mereka terpilih menjadi Kepala Desa. Berdasarkan ketentuan Pasal 1 angka 1 Permen PANRB 49/2011, diterangkan bahwa dokumen Pakta Integritas adalah dokumen yang berisi pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

    Didalam Pakta Integritas calon Kepala Desa tersebut salah satunya berisi kesedian calon Kepala Desa untuk menyumbangkan sebagian hasil dari pengelolaan Tanah Bengkok Desa untuk fakir miskin, yatim, piatu dan kaum dhuafa yang membutuhkan. Didalam Pakta Integritas tersebut juga dicantumkan prosentase hasil pengelolaan tanah bengkok yang akan disumbangkan nantinya.

     Seperti pada 4 tahun sebelumnya, Kepala Desa Sadang menyalurkan bantuan untuk Yatim/Piatu di akhir tahun seperti janji yang diucapkan dan tertuang didalam Pakta Integritas Kepala Desa. Sebesar 5% dari hasil pengelolaan tanah bengkok selama satu tahun dibelanjakan dalam bentuk sembako. Paket sembako yang berjumlah 12 paket tersebut kemudian diserahkan oleh Kepala Desa Sadang kepada anak Yatim/Piatu yang dihadirkan di pendopo Balai Desa Sadang. Mungkin ini jumlahnya tidak seberapa, namun semoga dapat bermanfaat, ujar Suci Arini selaku Kepala Desa Sadang.

     Sebenarnya untuk anak Yatim/Piatu memang lebih membutuhkan bantuan berupa perlengkapan sekolah ataupun uang tunai guna keperluan pendidikan, namun didalam peraturan yang mengatur Pakta Integritas belanja dalam bentuk barang atau diserahkan langsung dalam bentuk uang tunai tidak diperbolehkan. Sehingga bantuan yang diserahkan kepada Yatim/Piatu tersebut haruslah berbentuk paket sembako sesuai dengan bunyi Kode Rekening yang ada didalam aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES). (@gus_sdg)

Video penyerahan sembako Pakta Integritas Kepala Desa Sadang Tahun 2023 dapat disimak di Channel Youtube Marning Sadang TV, klik : https://paktaintegritassadang2023

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.288
    Kemarin:1.972
    Total Pengunjung:2.692.681
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.222.218.145
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com