Artikel

MARNING SADANG JADI PRODUK TERLARIS DI ACARA BUMDES FESTIVAL 2022

23 September 2022 22:05:08  Agus Sungaedi  185 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id - Mas Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, S.E seakan tidak mau berhenti untuk berinovasi dan menggali potensi yang ada di seluruh penjuru Kota Tuban. Kali ini beliau menyelenggarakan kegiatan pameran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) bertajuk BESTI yang merupakan kepanjangan dari Bumdes Festival. Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 malam yakni pada hari Jum'at 23 September 2022 sampai dengan hari Sabtu tanggal 24 September 2022. Kegiatan BESTI ini digelar di Lapangan Kecamatan Bangilan.

     BESTI merupakan agenda Bupati Tuban untuk memperkenalkan produk-produk unggulan yang dimiliki oleh BUMDES di 20 Kecamatan seluruh wilayah Kabupaten Tuban. Masing-masing BUMDES berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam kegiatan festival ini. Produk khas unggulan dari BUMDES di setiap Daerah pun ditampilkan disini. Ada yang membaea produk makanan ringan, makanan olahan, kerajinan tangan, kain batik, kerajinan kayu, pupuk organik dan masih banyak lagi produk unggulan lainnya.

     Untuk BUMDES Desa Sadang membawa produk makanan ringan yang sudah terkenal di seluruh wilayah Karesidenan Lamongan, Tuban dan Bojonegoro. Ya, apalagi kalau bukan "MARNING JAGUNG" yang sangat khas dari Desa Sadang. Marning ini dibuat oleh industri rumahan yang jumlahnya mencapai puluhan dan tersebar di hampir seluruh pojok Desa Sadang. Selain Marning Jagung, BUMDES Sadang Makmur juga membawa produk makanan ringan pendamping yakni keripik singkong.

     Popularitas Marning Jagung Desa Sadang memang sangat luar biasa dan sangat disukai hampir seluruh kalangan masyarakat Kota Tuban. Hal ini terbukti dari banyaknya pengunjung yang berdatangan untuk membeli dan bahkan tidak segan untuk memborong marning jagung yang sangat legendaris dari Desa Sadang. Dari total 20kg Marning Jagung yang dijajakan, kurang dari 60 menit sudah ludes terjual sehingga banyak pengunjung yang kecewa karena kehabisan stok. Hal ini berbanding terbalik dengan penjualan keripik singkong yang hanya terjual beberapa bungkus saja.

     Selain Festival produk unggulan dari BUMDES dan BUMDESMA, acara Besti ini juga menggelar Festival Tongklek dihari pertama dan Festival Hadrah di malam kedua. Antusiasme masyarakat sangat luar biasa sehingga lapangan Kecamatan Bangilan seperti lautan manusia yang seolah masih haus akan hiburan akibat pandemi. Hal ini ditambah lagi dengan Animo masyarakat yang sangat ingin sekali bertemu langsung dengan Mas Bupati yang pada malam itu hadir dalam Bumdes Festival untuk membuka acara BESTI di malam pertama. (@gus_sdg)

Video BUMDES Festival dapat disimak melalui official youtube Marning Sadang TV, klik : https://youtu.be/2IVlM0Kdkgk

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

MARNING JAGUNG - OLEH-OLEH KHAS DESA SADANG

Peta Desa

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:944
    Kemarin:3.058
    Total Pengunjung:1.557.755
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.72.180
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com