Artikel

PENYERAHAN BLT-BBM 2 BULAN UNTUK KPM YANG TERDAFTAR DALAM DTKS

15 September 2022 16:49:17  Agus Sungaedi  402 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id - Pencabutan subsidi bahan bakar minyak (BBM) menyebabkan kenaikan harga bahan bakar fosil secara signifikan . Hal ini sangat berimbas kepada masyarakat kecil khususnya para pedagang dan pengusaha UMKM yang menggunakan BBM sebagai bahan bakar untuk kegiatan mobile dan produksinya. Masyarakat kurang mampu pun juga ikut terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung akan kenaikan harga BBM yang dinilai sangat tinggi, sehingga kemampuan daya beli masyarakat menjadi berkurang.

     Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Pusat mengeluarkan kebijakan untuk memberikan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM).  Seperti diketahui bahwa BLT BBM memiliki sasaran penerima 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Dikutip dari Kompas.com, total anggaran yang digelontorkan oleh Kementrian Sosial untuk program BLT BBM ini adalah senilai 12,4 Triliun Rupiah.

      Kamis, 15 September 2022 bertempat di Pendopo Balai Desa Sugihan, sebanyak 198 KPM Desa Sadang yang telah terdaftar didalam DTKS menerima BLT BBM yang dicairkan sekaligus bersamaan dengan pencairan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang untuk kesekian kalinya dicairkan dalam bentuk uang tunai. BLT BBM dicairkaan selama 2 bulan yakni mulai bulan September hingga bulan Oktober Tahun 2022. Sedangkan untuk BPNT dicairkan selama 1 bulan yakni untuk bulan September dimana untuk bulan Agutus lalu, BPNT diserahkan dalam bentuk sembako dan lauk pauk. Besaran BLT BBM adalah Rp. 150.000,-/bulan sedangkan BPNT Rp. 200.000,-/bulan, sehingga masing-masing KPM BPNT mendapatkan total bantuan sebesar Rp. 500.000,-/orang.

      Dari total 198 KPM yang menerima BLT BBM secara langsung melalui petugas Kantor Pos di Balai Desa Sugihan Kecamatan Jatirogo, Pemerintah memberikan data DTKS tambahan sebanyak 23 KPM dari data DTKS. Sehingga untuk masyarakat Desa Sadang yang menerima BLT BBM total ada 221 KPM.(@gus_sung)

Simak video penyaluran BLT BBM di Official Youtube Channel Desa Sadang, klik https://www.youtube.com/watch?v=6yYgxljak5w

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:216
    Kemarin:3.621
    Total Pengunjung:2.765.779
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.196.27.122
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com