Artikel

DONOR DARAH PEMDES SADANG, BANYAK PENDONOR PEREMPUAN GAGAL DONOR AKIBAT HB YANG KURANG

28 Juli 2022 20:02:04  Agus Sungaedi  213 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id - Pemerintah Desa Sadang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Tuban kembali menyelenggarakan kegiatan sosial Donor Darah untuk masyarakat umum. Kegiatan Donor Darah dilaksanakan di pendopo Balai Desa Sadang pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2022. Jadwal ini mundur satu hari dari rencana awal yang akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 menjadi hari Kamis tanggal 28 Juli. Hal ini disebabkan karena PMI Kabupaten Tuban harus menghadiri kegiatan In House Training Damkar pada hari tersebut.

     Pada kegiatan Donor Darah kali ini antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Pendonor yang datang mencapai angka 43 orang. Hal ini merupakan peningkatan yang sangat bagus mengingat pada kegiatan Donor Darah tanggal 18 Mei 2022 kemarin hanya 31 orang pendonor yang datang untuk mendonorkan darahnya. Dari 43 orang pendonor tersebut, sebanyak 26 orang pendonor berhasil mendonorkan darahnya. 17 orang lainnya yang sebagian besar perempuan gagal untuk mendonorkan darahnya. Kegagalan tersebut akibat beberapa hal, diantaranya yakni tensi darah yang tinggi dan rendah serta Kadar Hemoglobin (Hb) rendah yang didominasi oleh pendonor perempuan. 

     Dilansir dari pelajaran.co.id, Hemoglobin merupakan metaloprotein dalam sel darah merah (eritrosit) yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen (O) dari paru-paru ke seluruh tubuh. Selain itu Hemoglobin juga bertinfak sebagai pengangkut karbon dioksida (CO2) kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh. Kadar Hb yang rendah menjadi pertanda bahwa tubuh kita mengalami anemia. Penyebab hemoglobin rendah diantaranya kekurangan nutrisi seperti zat besi, folat, dan vitamin B12. 

     Untuk pendonor perempuan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar Hb agar tidak rendah pada saat akan melakukan donor darah. Diantara tipsnya adalah sebagai berikut :

  • Mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, folat, dan vitamin B12, seperti daging, ikan, telur, dan sayuran.
  • Perbanyak asupan vitamin C, seperti jeruk, lemon, stroberi, pepaya, paprika, brokoli, jeruk bali dan tomat.
  • Hindari makanan yang menghalangi penyerapan zat besi seperti kopi, teh, dan soda.

     Dengan memahami beberapa tips diatas, diharapkan untuk kegiatan Donor Darah yang diadakan oleh Pemdes Sadang kedepannya tidak ada lagi pendonor (khususnya perempuan) yang gagal untuk mendonorkan darahnya. Sehingga perolehan kantong darah oleh PMI dapat dimaksimalkan. (@gus_sung)

Video Donor Darah Pemdes Sadang tanggal 28 Juli 2022 dapat disimak melalui Official Youtube Channel Marning Sadang TV, Klik https://youtu.be/tc4frUdDjVs

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

MARNING JAGUNG - OLEH-OLEH KHAS DESA SADANG

Peta Desa

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.200
    Kemarin:3.058
    Total Pengunjung:1.558.011
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.72.180
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com