Artikel

TRACING PENYAKIT MULUT DAN KUKU OLEH DINAS PERIKANAN & PETERNAKAN, BANYAK TERNAK SUDAH SEMBUH

06 Juni 2022 17:21:13  Agus Sungaedi  80 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id - Dinas Perikanan dan Peternakan sangat disibukkan pada akhir-akhir ini akibat wabah Penyakit Mulut dan Kuku yang mulai mewabah dan menyebar hampir di seluruh Kabupaten Tuban. Hal ini tak lepas dari imbas dua Kabupaten yang berada di sekitar, yakni Kabupaten Lamongan dan Bojonegoro yang terlebih dulu terjangkit wabah PMK. Senin, 06 Juni 2022 Dinas Perikanan dan Peternakan Kecamatan Jatirogo berkolaborasi dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban melakukan kunjungan pendataan dan pemeriksaan (Tracing) ke beberapa rumah warga yang terdapat kasus PMK yang sudah dilaporkan sebelumnya.

     Kunjungan tersebut melibatkan Kepala Desa Sadang, Perangkat Desa Sadang dan Camat Jatirogo. Dalam kunjungan kerumah warga yang memiliki ternak confirm PMK, beberapa hewan ternak didapati mengalami perkembangan tingkat kesembuhan yang baik. Beberapa luka yang berada di bagian mulut khususnya lidah dan langit-langit mulut sudah mulai mengering dan kondisi ternak dalam keadaan baik. Disamping itu ada juga warga yang sudah menjual hewan ternaknya dengan harga murah dikarenakan kondisi yang terus memburuk dan khawatir akan mengalami kerugian jika tidak segera dijual. 

       Warga yang memiliki hewan ternak dengan kasus confirm positif PMK pun memberikan ramuan herbal kepada hewan ternaknya dengan memberi konsumsi madu, bawang putih, kunyit dan yang lainnya untuk membantu mempercepat proses penyembuhan . Disamping menggunakan ramuan herbal, warga juga membeli sejumlah obat-obatan untuk membantu penyembuhan luka luar hewan ternaknya.

       Drh. Katik Endah dan tim segera memeriksa seluruh hewan ternak yang sudah ada di dalam check list laporan. Setelah dilakukan pengecekan, beberapa hewan ternak mendapatkan suntikan guna mempercepat proses penyembuhan. Beliau menyarankan agar hewan ternak yang memiliki badan besar untuk diberikan karpet atau benda lain yang empuk dan lembut sebagai alas hewan ternak. Hal ini dimaksudkan karena hewan dengan tubuh besar akan mengalami proses penyembuhan yang lama karena tekanan pada kukunya dan bergesekan langsung secara terus menerus dengan permukaan lantai yang sebagian besar terbuat dari plester semen. 

      Setelah melakukan proses Tracing PMK, seluruh Tim dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban beserta Camat Jatirogo singgah di Pendopo Balai Desa Sadang untuk melakukan meeting singkat. Dalam meeting tersebut Deny Susilo Hartono, S.STP selaku Camat Jatirogo menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Tim dari Dinas Perikanan dan Peternakan yang sudah meluangkan waktunya untuk melakukan Tracing hewan ternak yang terkonfirmasi PMK di wilayah Desa Sadang. Beliau berharap seluruh hewan ternak yang terkonfirmasi positif PMK dapat segera disembuhkan secara keseluruhan dan wabah ini segera hilang. (@gus_sung)

Simak video Tracing PMK oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, klik https://youtu.be/YcevRBSkzSw

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sadang Jatirogo

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.172
    Kemarin:1.598
    Total Pengunjung:1.199.387
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.107.249
    Browser:Tidak ditemukan