Artikel

PENGUKURAN RAB UNTUK LOKASI “WISATA KULINER” DESA BERDAYA 2022

20 Juni 2022 18:53:23  Agus Sungaedi  39 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id – Peresmian dan Grand Launching WISATA KULINER DESA BERDAYA TAHUN 2022 hanya tinggal beberapa bulan lagi. Persiapan demi persiapan terus dikebut oleh Tim Desa Bedaya Desa Sadang Kecamatan Jatirogo. Salah satu persiapan yang tengah dikebut adalah pengerjaan Rencana Anggaran Biaya (RAB). RAB tersebut adalah meliputi penyiapan lokasi dan rehabilitasi bangunan stand Pasar Desa Sadang yang sudah berdiri dari beberapa tahun yang lalu dan mengalami kerusakan ringan akibat usia bangunan.

     Sebagai informasi, dalam pelaksanaan Desa Berdaya Provinsi Jawa Timur Tahun 2022, Desa Sadang mengangkat Tema “Wisata Kuliner” yang digandeng dengan kearifan lokal. Salah satu produk lokal yang akan tampil di stand Wisata Kuliner Desa Sadang adalah produk Marning Jagung dan produk pendamping berupa keripik singkong yang keduanya sudah kondang di beberapa wilayah sekitar Kabupaten Tuban dan bahkan di wilayah Provinsi Jawa Timur. Adapun tempat yang akan digunakan adalah Stand Pasar milik Pemerintah Desa Sadang yang berada di sebelah utara Pasar Daerah Kabupaten Tuban.

     Tim dari Desa Berdaya Desa Sadang didampingi oleh Konsultan RAB meninjau lokasi dan melakukan pengukuran di beberapa titik. Dari peninjauan yang dilakukan, stand kios yang sudah ada perlu dilakukan peremajaan. Kios akan dilapisi dengan acian baru dan setelah itu akan dilakukan pengecatan. Bagian bawah kios akan dilapisi dengan plester dari semen. Dibagian tengah stand kios terdapat halaman yang luas yang nantinya akan dipasang paranet di sepanjang halaman dan akan dihias dengan menggunakan lampu pernak pernik. Dibagian depan pintu masuk nantinya akan dipasang backdrop dari bambu kemudian akan dipasang icon Wisata Kuliner Desa Berdaya dengan menggunakan lampu hias.

     Pada saat pembangunan dan pengembangan lokasi Wisata Kuliner Desa Berdaya selain menggunakan anggaran dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Desa Sadang juga akan menggelontorkan dana Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA). Dana SILPA tersebut merupakan sisa anggaran dari Dana Desa dari Tahun Anggaran 2021 yang lalu. Dana SILPA ini kemudian akan digandengkan dengan BKK dari Provinsi sehingga pembangunan infrastruktur Wisata Kuliner nanti dapat maksimal tanpa menunggu tahun anggaran 2023. Kita memiliki dana SILPA sekitar 94 juta, dana ini dapat kita manfaatkan untuk menunjang pembangunan Wisata Kuliner Desa Sadang sehingga dapat maksimal, ujar Agus Sungaedi selaku Sekretaris Desa dan sekaligus Koordinator Desa Berdaya Desa Sadang Tahun 2022.

     Pembuatan RAB diharapkan dapat selesai tepat waktu sebelum tanggal 29 Juni 2022. Nantinya RAB tersebut akan dibawa oleh Tim Desa Berdaya Desa Sadang untuk di presentasikan pada Pelatihan dan Bimbingan Desa Berdaya yang akan dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 29 Juni hingga tanggal 1 Juli 2022 mendatang. (@gus_sung)

Video pengukuran RAB lokasi Wisata Kuliner Desa Berdaya Tahun 2022 dapat disimak melalui Channel Marning Sadang TV, Klik https://youtu.be/tGYYWv7d3P8

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sadang Jatirogo

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.206
    Kemarin:1.598
    Total Pengunjung:1.199.421
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.107.249
    Browser:Tidak ditemukan