Artikel

PEMERINTAH DESA SADANG RESIK-RESIK SENDANG SUMUR GEDHE JELANG SEDEKAH BUMI 2022

18 Juni 2022 18:23:30  Agus Sungaedi  35 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id – Sedekah bumi hanya tinggal menghitung hari, tepatnya pada hari Sabtu Tanggal 25 Juni 2022. Sudah menjadi adat istiadat warga Desa Sadang bahwa setiap menjelang Sedekah bumi, Pemerintah Desa Sadang beserta segenap masyarakat menggelar kegiatan kegiatan kerja bakti atau lebih dikenal dengan istilah Gugur Gunung. Kegiatan Gugur Gunung dimulai dari membersihkan lingkungan halaman Punden Sumur Gedhe hingga ke jalan lingkungan yang menuju Sumur Gedhe.

     Gugur Gunung untuk menyambut Sedekah Bumi Tahun 2022 diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Sadang pada hari Sabtu, 18 Juni 2022. Kegiatan dimulai dengan membersihkan rumput liar yang berada di halaman Sumur Gedhe yang diikuti dengan pembersihan serta normalisasi saluran air / drainase yang berada di sekeliling Sumur Gedhe. Normalisasi drainase juga dilakukan dengan pemasangan bis beton untuk saluran air dikarenakan beberapa saluran mengalami pendangkalan. Beberapa Perangkat dan anggota BPD Desa Sadang perempuan membersihkan daun-daun kering dengan menggunakan sapu lidi dan kemudian dibakar.

     Selain menyapu halaman Sumur Gedhe dan normalisasi drainase, ada warga yang membawa diesel penyedot air dan gas LPG. Diesel tersebut digunakan untuk menguras Sumur Gedhe dan sendang yang berada di sisi sampingnya. Terlihat banyak sekali lumpur di dasar sendang pada saat dikuras sehingga para warga bahu membahu untuk membersihkan lumpur tersebut. Beberapa warga juga membersihkan tempat mandi yang berada di sisi belakang sumur gedhe. Tempat mandi tersebut biasa digunakan warga untuk mandi setelah selesai melakukan kegiatan di sawah. Tempat mandi tersebut juga digunakan banyak warga masyarakat pada saat musim kemarau untuk kegiatan mandi dan mencuci pakaian.

     Dengan kegiatan Gugur Gunung ini diharapkan dapat memberikan suasana bersih dan nyaman pada saat pagelaran wayang kulit yang akan diselenggarakan pada saat Sedekah Bumi nanti. Sehingga warga betah dan nyaman saat menikmati hiburan rakyat berupa Wayang Kulit dan tidak terganggu dengan adanya sampah yang berserakan. (@gus_sung)

Video resik-resik punden sumur gedhe dapat disimak melalui Channel Marning Sadang TV, Klik : https://youtu.be/9Uo6gA-Dag4

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sadang Jatirogo

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.186
    Kemarin:1.598
    Total Pengunjung:1.199.401
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.107.249
    Browser:Tidak ditemukan