Artikel

PEMBANGUNAN GAPURA "BAMBU KUNING" DARI DANA DESA, PENDUKUNG PASAR KULINER DESA BERDAYA 2022

29 November 2022 12:06:46  Agus Sungaedi  121 Kali Dibaca  Berita Desa

Marning_sadang - Pemerintah Desa Sadang mendapatkan kepercayaan menjadi Desa Mandiri di Tahun 2022 oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan menjadi salah satu dari 4 Desa di Kecamatan Jatirogo yang berstatus Desa Mandiri. Dengan menyandang status sebagai Desa Mandiri, Pemerintah Desa Sadang dipercaya oleh Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah IndarParawansa, M.Sos. untuk mendapatkan Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) di Tahun 2022. Bantuan tersebut adalah Program Desa Berdaya yang diberikan kepada 4 Desa di Kabupaten Tuban senilai Rp. 100.000.000,00. 

     Desa Sadang mengangkat tema Pasar Wisata Kuliner dalam program Desa Berdaya Tahun 2022. Pasar kuliner tersebut akan ditempatkan di stand kios pasar milik Desa yang terletak di sebelah utara Jalan Ronggolawe Desa Sadang. Dana bantuan Program Desa Berdaya tersebut terbilang jumlahnya masih sangat terbatas dan sangat minim, mengingat sarana prasarana yang ada masih membutuhkan perbaikan dan pembangunan yang jumlahnya cukup besar.

     Untuk membantu dan mendukung program Desa Berdaya Tahun 2022 tersebut, Pemerintah Desa Sadang berinisiatif untuk membantu pembangunan sarana dan prasarana pendukung Pasar Wisata Kuliner Desa Sadang. Salah satu sarana tersebut adalah pembangunan Gapura pintu masuk menuju Pasar Wisata Kuliner Desa Sadang. Pembangunan Gapura ini berasal dari Dana Desa yang dianggarkan setelah perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2022. Adapun besaran Dana Desa yang digunakan untuk membangun Gapura Pasar Wisata Kuliner tersebut adalah sebesar Rp. 49.336.000,00.

     Gapura pintu masuk pasar wisata kuliner Desa Sadang dibuat dengan bahan pipa besi dan dibentuk menyerupai bambu kuning dengan pengecatan menggunakan cat warna kuning dikombinasikan dengan garis warna hijau. Pemilihan motif bambu kuning tersebut diharapkan akan memiliki kontras warna yang cerah dengan lingkungan sekitar, sehingga mudah terlihat oleh masyarakat dari jalan raya maupun dari dalam kawasan Pasar Daerah.

     Untuk stand kios yang akan digunakan sebagai wisata kuliner masih dalam tahap finishing. Diharapkan pertengahan bulan Desember 2022 pengerjaannya selesai sehingga dapat segera ditempati oleh pelaku UMKM kuliner di Desa Sadang dan dilakukan Launching oleh Tim Desa Berdaya tahun 2022 Desa Sadang.  (@gus_sdg)

Video pemasangan gapura pasar wisata kuliner Desa Sadang, dapat disimak melalui Channel MArning Sadang TV, Klik : https://www.youtube.com/marningsadangtv

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

PROFIL DESA SADANG "GEMILANG"

Peta Desa

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:147
    Kemarin:1.670
    Total Pengunjung:1.698.950
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.213.63.130
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com