Artikel

UPACARA HARI PAHLAWAN TAHUN 2022 MENGUSUNG TEMA "PAHLAWANKU TELADANKU"

10 November 2022 13:03:02  Agus Sungaedi  41 Kali Dibaca  Berita Desa

Marning_sadang - Pemerintah Kecamatan Jatirogo menyelenggarakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2022. Upacara Hari Pahlawan diselenggarakan pada hari Kamis, 10 Nopember 2022 pukul 08.00 WIB di halaman Kantor Kecamatan Jatirogo. Dalam upacara pengibaran Bendera Merah Putih untuk memperingati Hari Pahlawan tersebut, Pemerintah Kecamatan Jatirogo mengundang seluruh Stakeholder di wilayah Kecamatan Jatirogo. Selain para Petinggi dari seluruh instansi, Upacara juga dihadiri oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa se-Kecamatan Jatirogo dan juga siswa-siswi dari sekolah menengah yang ada di Kecamatan Jatirogo.

     Hari Pahlawan diperingati oleh Bangsa Indonesia setiap tanggal 10 Nopember untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para Pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir para penjajah yang telah menduduki bumi Nusantara selama berabad-abad lamanya. Selain itu peringatan Hari Pahlawan juga diperingati untuk menumbuhkan jiwa dan semangat Nasionalisme serta Patriotisme dikalangan para pelajar sekolah dari tingkat dasar sampai tingkat menengah atas.

   Tema yang diusung dalam Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 adalah "Pahlawanku Teladanku". Tema ini diangkat dengan harapan perjuangan dan pegorbanan para Pahlawan dapat menginspirasi dan memotivasi semua kalangan untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan. 

      Dalam peringatan Hari Pahlawan di Kecamatan Jatirogo, Pembina Upacara membacakan beberapa pesan-pesan perjuangan para Pahlawan yang sangat terkenal dan dapat membakar semangat para pemuda-pemudi Bangsa. Salah satu pesan Pahlwan yang dibacakan adalah Pesan Perjuangan dari KI Hadjar Dewantara yang dinobatkan sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

     Pesan dari Ki Hadjar Dewantara yang dibacakan dalam Upacara Hari Pahlawan adalah "Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani". Arti dari Pesan Ki Hadjar Dewantara tersebut adalah "Didepan harus bisa memberikan contoh, Di tengah memberikan semangat, dibelakang memberikan kepercayaan. Selain pesan dari Ki Hadjar Dewantara, ada puluhan pesan-pesan dari para Pahlawan lain yang dibacakan satu persatu yang kesemua pesan Pahlawan tersebut pada intinya adalah untuk memberikan semangat juang dan cinta tanah air untuk seluruh Bangsa Indonesia. (@gus_sdg)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

MARNING JAGUNG - OLEH-OLEH KHAS DESA SADANG

Peta Desa

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.218
    Kemarin:3.058
    Total Pengunjung:1.558.029
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.72.180
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com