Artikel

PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK MELALUI AKSI 3M PLUS DI INSTANSI & FASILITAS UMUM

21 Oktober 2022 11:12:37  Agus Sungaedi  272 Kali Dibaca  Berita Desa

Marning_sadang - Bulan Oktober kali ini cuaca sudah memasuki musim penghujan. Intensitas hujan yang terbilang cukup tinggi membuat banyak genangan air baik di saluran air maupun ditempat tempat lain seperti kubangan dan tempat sampah yang terdapat banyak sampah kemasan yang mudah menampung air hujan. Hal ini menyebabkan nyamuk pembawa virus, penyakit dan bakteri sangat mudah sekali untuk meletakkan telur dan berkembang biak. Hal ini dapat menjadi ancaman bagi masyarakat akan penyakit demam berdarah maupun virus penyakit lainnya yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.

     Menanggapi hal tersebut, Aditya Halindra Faridzky, S.E selaku Bupati Tuban mengeluarkan Surat Himbauan Nomor HK.02.02/C/3502/2022 tanggal 25 Agustus 2022 tentang Pengendalian Dengue sebelum masa penularan melalui gerakan bulan bakti pemberantasan sarang nyamuk (PSN) 3M Plus. Instruksi ini ditujukan kepada seluruh Instansi Pemerintahan dan fasilitas umum seperti masjid, mushola, pasar, sekolah, Kantor Desa dan Kantor Kecamatan.

    Dikutip dari buku “Pedoman Pencegahan Demam Berdarah Dengue di Indonesia”, PSN 3M Plus dilakukan dengan beberapa cara yakni, menguras dan menyikat tempat-tempat penampungan air, menutup rapat-rapat tempat penampungan air, dan memanfaatkan atau mendaur ulang barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan. Kegiatan Plus lainnya, memasang kawat kasa, menaburkan bubuk larvasida, menutup lubang-lubang pada potongan pohon/ bambu, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam kamar, menggunakan kelambu dan memakai obat yang dapat mencegah gigitan nyamuk (lotion antinyamuk).

     Untuk Kantor Balai Desa Sadang sendiri kegiatan 3M plus dimulai dengan menyapu halaman dan taman kantor, membuang sampah pada tempatnya, mengubur barang bekas yang bisa menjadi tempat penampungan air hujan, menguras kamar mandi dan menaburkan bubuk abate kedalam kamar mandi. Kegiatan ini dilakukan oleh semua Perangkat Desa Sadang dengan dibantu kader posyandu Desa Sadang dan Bidan Desa Sadang, Ibu Yuyun Soehartini S.ST.

     Dengan adanya gerakan PSN 3M Plus ini diharapkan dapat mencegah dan meminimalisir perkembangbiakan nyamuk pembawa virus demam berdaran dan mencegah penularan demam berdarah di Desa Sadang. (@gus_sdg)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:3.063
    Kemarin:2.744
    Total Pengunjung:2.765.005
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.79.169
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com