Artikel

PUSKESMAS KELILING HIMBAU WARGA UNTUK TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN

16 Juni 2020 12:31:24  Agus Sungaedi  1.011 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id - Berubahnya wilayah Kecamatan Jatirogo dari zona hijau menjadi zona merah tampaknya belum merubah perilaku warga masyarakat Desa Sadang untuk mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Hal ini masih nampak dari perilaku warga yang masih terbiasa melakukan kegiatan diluar rumah tanpa menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti masker, handscone maupun face shield. Warga masih beranggapan bahwa Covid-19 hanya menyerang masyarakat di wilayah Kota besar yang notabene banyak didatangi oleh penduduk asing dari luar negeri.

Razia masker yang dilakukan oleh Pemerintah Desa  Sadang dan Forkopimca Jatirogo terhadap warga yang beraktifitas di dalam dan di lingkungan pasar beberapa waktu yang lalu juga tidak memberikan efek apapun bagi warga. Warga masih terbiasa melakukan aktifitas diluar rumah tanpa menggunakan masker dengan berbagai macam alasan.

Menyikapi hal ini, Puskesmas Jatirogo menggelar kegiatan siaran keliling Desa untuk menyampaikan himbauan mengenai protokol kesehatan yang harus diterapkan oleh warga dalam kehidupan sehari-hari. Tim dari Puskesmas Jatirogo yang beranggotakan Dokter Gigi, Promkes dan Bidan Desa bekerja sama dengan Pemerintahan Desa berikut Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Sadang menyelenggarakan siaran keliling di Desa Sadang pada hari selasa tanggal 16 Juni 2020.

Siaran keliling dalam rangka penyampaian protokol kesehatan ini diselenggarakan melalui pengeras suara mushola dan masjid. Dimulai dari Mushola Jami' Arrohmah di RW.02, Masjid Baitus Sholah di RW.06 dan di Mushola Serambi Rosul di RW.08.

Ada beberapa point utama yang disampaikan melalui kegiatan ini untuk mengajak masyarakat memulai untuk menerapkan pola hidup sehat guna mencegah persebaran Covid-19, diantaranya adalah :

1. Menggunakan masker untuk beraktifitas di luar rumah
2. Mencuci tanga dengan sabun menggunakan air yang mengalir sesering mungkin
3. Menyiapkan hand sanitizer kemanapun kita beraktifitas
4. Tidak menyentuh mata, mulut dan hidung saat beraktifitas diluar rumah dengan banyak orang
5. Menjaga jarak minimal 1 sampai 2 meter saat beraktifitas di keramaian
6. Menghindari kontak langsung dengan orang lain
7. Menjaga daya tahan tubuh (imunitas) dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin jika diperlukan

Masyarakat diminta untuk selalu mentaati dan menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari untuk melindungi diri sendiri dan lingkungan sekitar dari persebaran Covid-19.

Video Penyampaian Protokol Kesehatan oleh Puskesmas Jatirogo dapat disimak melalui Official Youtube Channel Desa Sadang di Link berikut :

https://youtu.be/2d-zlsdKKx0

(@gus_sung)

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.378
    Kemarin:3.621
    Total Pengunjung:2.766.941
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.92.84.253
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com