Artikel

MEMASUKI NEW NORMAL, RUMAH SAKIT R. ALI MANSUR JATIROGO GELAR DONOR DARAH PERDANA

13 Juni 2020 12:49:19  Agus Sungaedi  1.081 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id – Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang menyebar keseluruh pelosok Negeri ini membuat Pemerintah menerapkan beberapa Protokol Kesehatan yang harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat. Salah satu dari protokol kesehatan tersebut adalah penjagaan jarak (physical distancing). Physical distancing memaksa seseorang untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain 1 sampai 1,5 meter untuk menghindari tersebarnya droplet dari seseorang yang kemungkinan terpapar oleh Covid-19 .

Pemberlakuan Physical Distancing sangat dirasakan oleh pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban. Untuk jangka waktu hampir 3 bulan pihak PMI Kabupaten Tuban mengaku kekurangan stok darah, terutama golongan darah O dikarenakan banyaknya permintaan transfusi darah dari Instansi Kesehatan terkait.

Peningkatan permintaan stok darah untuk transfusi pasien ini berbanding terbalik dengan stok darah yang didapatkan oleh PMI. PMI tidak bisa melakukan donor darah secara mobile (keliling) dikarenakan pemberlakuan Physical Distancing dan tidak diperbolehkan untuk mengumpulkan kerumunan orang. Sehingga PMI hanya mempu menyediakan stok darah dari Pendonor yang datang ke Kantor PMI Kabupaten Tuban.

Setelah hampir 4 bulan tidak mengadakan Donor Darah, untuk pertama kalinya seterlah pemberlakuan New Normal oleh Pemerintah Pusat, Rumah Sakit R. Ali Mansur Jatirogo mengadakan donor darah yang dibuka untuk umum. Donor darah ini dilaksanakan di aula Rumah Sakit R. Ali Mansur pada hari sabtu tanggal 13 Juni 2020.

Dengan menggunakan APD lengkap petugas PMI melayani Pendonor yang sudah mengantri sejak pagi. Pendonor yang datang diwajibkan untuk menggunakan masker dan tetap menjaga jarak dengan pendonor yang laun. Puluhan pendonor rela mengantri untuk mendonorkan darah mereka. Mereka mengaku sudah lama menunggu petugas dari PMI untuk mendonorkan darahnya.

Untuk beberapa waktu ke depan PMI juga akan melakukan donor darah di beberapa tempat setelah pemberlakuan New Normal ini. Jika tidak ada halangan, Pemerintah Desa Sadang juga akan mengadakan donor darah perdana setelah pemberlakuan New Normal pada Bulan Juli mendatang. (@gus_sung)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.448
    Kemarin:3.621
    Total Pengunjung:2.767.011
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.215.77.88
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com