28 Maret 2020 22:29:15
Ditulis oleh Agus S

DESINFEKSI DI FASILITAS UMUM OLEH TIM GUGUS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 DESA SADANG

Sadang-jatirogo.desa.id - Menjaga kebersihan masih dianggap sebagai salah satu langkah tepat dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona Covid-19 di masyarakat. Selain rajin mencuci tangan setelah beraktivitas, khususnya di luar rumah, desinfeksi atau dekontaminasi juga tidak salah untuk dilakukan. Disinfeksi merupakan proses dekontaminasi atau menghilangkan mikroorganisme secara kimia. Proses ini dilakukan terhadap benda-benda yang berpotensi sebagai medium penularan. Saat pandemi global virus Corona Covid-19 seperti saat ini, proses desinfeksi semakin marak, termasuk di Indonesia. 

     Pemerintah Desa Sadang melalui Tim Gugus Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Desa Sadang pada hari sabtu tanggal 28 maret 2020 melakukan Desinfeksi (Penyemprotan Desinfektan) di beberapa tempat fasilitas umum yang ada di Desa Sadang. Desinfeksi dilakukan di Balai Desa Sadang, PAUD Bina Anak Ceria, SD Negeri Sadang 1 dan Masjid Baitus Sholah Desa Sadang. Adapaun bahan yang digunakan untuk membuat desinfektan ini adalah beberapa macam cairan anti bakteri seperti pembersih lantai dan pemutih pakaian dan menggunakan bahan desinfektan lain yang diperoleh dari apotek.

     Desinfeksi dilakukan secara menyeluruh di setiap sudut-sudut ruangan khususnya yang sering menjadi tempat berkumpulnya orang. Gagang pintu ruangan, gagang pintu pagar, meja kursi dan peralatan lain yang sering dipegang oleh banyak orang juga tidak luput dari penyemprotan desinfektan kali ini. Desinfeksi dirasa cukup ampuh untuk membunuh virus dan bakteri karena kompisisi bahan desinfektan ini bersifat toksik (racun) dan memiliki kemampuan untuk membunuh mikroorganisme. Sehingga diharapkan dengan adanya proses desinfeksi di fasilitas umum ini mampu untuk mengurangi atau bahkan memutus mata rantai persebaran Covid-19 khususnya di Desa Sadang, Aamiin.., (@gus_sung)

 

Referensi : Liputan6.com



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus