29 Juli 2013 17:46:44
Ditulis oleh Agus S

GABUNGAN KELOMPOK TANI DESA SADANG

GABUNGAN KELOMPOK TANI
MAKMUR RAYA
DESA SADANG KECAMATAN JATIROGO KEBUPATEN TUBAN

Gabungan kelompok tani (GAPOKTAN) adalah kumpulan beberapa kelompok tani yang bergabung dan bekerjasama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha. Seperti yang diungkapkan Jetkins  (1961), dinamika  kelompok  diartikan  sebagai  gerak  atau kekuatan  yang  terdapat  di  dalam  kelompok,  yang menentukan  atau  berpengaruh terhadap perilaku kelompok dan anggotanya dalam mencapai tujuan.

 Kelompok tani pada dasarnya adalah organisasi nonformal diperdesaan yang ditumbuh kembangkan " dari, oleh dan untuk petani "dengan ciri--ciri sebagai berikut :

1. Saling kenal, akrab dan saling percaya diantara sesama anggota.
2. Mempunyai pandangan dan kepentingan yang sama dalam berusaha tani.
3. Memiliki kesaamaan dalam tradisi dan atau pemukiman, hamparan usaha, jenis usaha, status ekonomi maupun sosial, bahasa, pendidikan dan ekologi.
4.  Ada pembagian tugas dan tanggungjawab sesama anggota berdasarkan kesepakatan bersama.

Fungsi Kelompok Tani

1. Kelas belajar
2. Wahana kerjasama
3. Unit produksi

Keunggulan Gapoktan Dibidang Pertanian dan Pengolahan:

1. Mengadakan penyuluhan tentang pertanian khususnya budidaya tanaman pangan.
2. Mengadakan pelatihan tentang pengolahan hasil pertanian.

Kekurangan Gapoktan:

1. Kurangnya penyuluhan tentang gapoktan
2. Anggota masih sangat minim

Gapoktan adalah gabungan dari beberapa kelompok tani yang melakukan usaha agribisnis di atas prinsip kebersamaan dan kemitraan sehingga mencapai peningkatan produksi dan pendapatan usaha tani bagi anggotanya dan petani lainnya. Tujuan utama pembentukan dan penguatan Gapoktan adalah untuk memperkuat kelembagaan petani yang ada, sehingga pembinaan pemerintah kepada petani akan terfokus dengan sasaran yang jelas (Deptan, 2006). Pembentukan Gapoktan didasari oleh visi yang diusung, bahwa pertanian modern tidak hanya identik dengan mesin pertanian yang modern tetapi perlu ada organisasi yang dicirikan dengan adanya organisasi ekonomi yang mampu menyentuh dan menggerakkan perekonomian di Kelurahan melalui pertanian, di antaranya adalah dengan membentuk Gapoktan. Gapoktan tersebut akan senantiasa dibina dan dikawal hingga menjadi lembaga usaha yang mandiri, profesional dan memiliki jaringan kerja luas. Lembaga pendamping yang utama adalah Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Cilegon, di mana para penyuluh merupakan ujung tombak di lapangan. Penguatan dari sisi lain adalah melalui implementasi berbagai kegiatan pemerintah yang didistribusikan ke Kelurahan, dimana Gapoktan selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan yang memungkinkan.

Mine coins - make money: http://bit.ly/money_crypto

Susunan Organisasi Gabungan Kelompok Tani Makmur Raya Desa Sadang Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban

NO. NAMA JABATAN ALAMAT
1. AGUS TRI SETIAWAN KETUA GAPOKTAN RT.02/RW.01
2. DJUNAEDI BENDAHARA RT.01/RW.08
3. HARIYADI WIDO HERMANTO SEKRETARIS

RT.01/RW.03

 

 

Referensi : Kompasiana.com



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus