17 Maret 2020 09:58:01
Ditulis oleh Agus S

STOP HOAX !!! INI EDARAN RESMI BUPATI TUBAN TENTANG PENINGKATAN KEWASPADAAN TERHADAP COVID-19

Sadang-jatirogo.desa.id - Menurut Silverman (2015) seperti dikutip di laman Wikipedia, hoaks merupakan rangkaian informasi yang memang sengaja disesatkan, namun “dijual” sebagai kebenaran. Pada beberapa minggu terakhir berita tentang mewabahnya Corona Virus Disease atau Covid-19 memang hangat diperbincangkan di seluruh penjuru dunia. Virus yang telah menginfeksi lebih dari 100 Negara di dunia ini memang sedang menjadi trending topik di berbagai media massa dan media cetak. Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan berita bohong / fake news (Hoax).

     Alasan mereka untuk menyebarkan berita bohong ini memang beragam. Bagi para Youtuber dengan mengangkat berita hoax tentang Covid-19 dapat meningkatkan viewers dan subscriber sehingga dapat meningkatkan penghasilan pribadi mereka. Sedangkan bagi para Blogger dengan mengangkat tema virus ini dapat meningkatkan traffic pengunjung di blog pribadi mereka sehingga mereka dapat mendulang rupiah lebih banyak dari meningkatnya pengunjung.

     Beberapa hari belakangan sering kita jumpai forward pesan dari media WhatsApp maupun media sosial yang lain tentang pesan yang seolah-olah pesan tersebut di teruskan dari pesan pribadi Bupati Tuban. Pesan tersebut berisi hal-hal yang harus dilakukan dan yang harus dihindari agar kita terhindar dari penyebaran virus Covid-19. Pesan tersebut belum bisa dipercayai kebenarannya dan siapa yang mengeluarkan pesan tersebut juga belum bisa dipastikan. Mengenai penyebaran virus Covid-19 ini, pada hari Senin Tanggal 16 Maret 2020 Bupati Tuban mengeluarkan Surat Edaran Resmi Mengenai Peningkatan Kewaspadaan Virus Covid-19 di Kabupaten Tuban.

Berikut adalah Surat Edaran Bupati Tuban Nomor 440/1592/414.103/2020 Perihal Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Tuban,

Semoga kita lebih bijak lagi dalam menyikapi berita yang ada disekitar kita. Kita harus bisa untuk memilah dan memilih mana berita yang benar dan mana berita yang bohong. Saring Sebelum Sharing !!! (@gus_sung)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus