12 Maret 2020 19:50:35
Ditulis oleh Agus S

PEMBERIAN SIRUP ZINC UNTUK BALITA DENGAN TINGGI DAN BERAT BADAN KURANG

Sadang-jatirogo.desa.id - Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Hal ini terjadi karena asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun. Hingga saat ini Stunting masih menjadi persoalan serius yang dihadapi oleh Pemerintah. Mengingat angka balita dengan kondisi berat badan dan tinggi badan yang kurang (stunting) Pemerintah Kabupaten membuat program pemberian sirup Zinc untuk balita stunting secara rutin dan berkala.

Zinc merupakan salah satu mikronutrien penting yang berfungsi dalam proses sintesis protein, pertumbuhan dan diferensiasi sel. Selain itu, zinc juga berperan sebagai agen antiinflamasi dan dapat meningkatkan imunitas seluler sehingga penggunaannya dinilai dapat menurunkan mortalitas dan morbiditas pada beberapa penyakit. Pemberian suplementasi Zinc secara rutin bermanfaat untuk optimalisasi pertumbuhan, serta mencegah diare, pneumonia, dan otitis media.

     Di Desa Sadang Kecamatan Jatirogo terdapat beberapa balita dengan grafik tumbuh kembang anak yang menunjukkan perkembangan dibawah garis hijau. Kondisi ini dapat dinilai sebagai balita stunting mengingat berat badan dan tinggi badan balita tersebut tidak sesuai dengan balita seusianya. Yuyun Soehartini selaku Bidan Desa Sadang bergerak cepat untuk mengatasi permasalahan balita dengan kondisi yang dibawah rata-rata tersebut. Beliau secara rutin memberikan makanan tambahan dan sirup Zinc bagi balita stunting tersebut. Setiap balita stunting mendapatkan jatah 12 botol sirup Zinc 60ml setiap bulannya. 12 botol sirup zinc tersebut sebisa mungkin harus dikonsumsi dan dihabiskan oleh balita stunting agar kondisinya membaik dan grafik tumbuh kembang anak berada diatas garis hijau.

Setelah memberikan sirup Zinc kepada 4 (empat) balita dengan kondisi stunting, Bidan Desa selalu mengobservasi dan menganalisa perkembangan keempat balita tersebut. Apabila kondisi balita sudah menunjukkan perkembangan yang positif, maka pemberian sirup Zinc akan dialihkan untuk balita lain dengan kondisi yang hampir mendekati stunting. Namun apabila kondisi balita tersebut belum menunjukkan perkembangan setelah mengkonsumsi sirup Zinc, maka Bidan Desa akan memberikan jatah sirup zinc tambahan, makanan tambahan dan perhatian khusus bagi si balita agar terbebas dari kondisi Stunting. (@gus_sung)

 

Referensi : Alomedika.com, JawaPosRadarSemarang.com



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus