Artikel

KELAS IBU HAMIL DESA SADANG TAHUN 2020

04 Maret 2020 23:03:04  Agus Sungaedi  949 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id - Selasa 4 Maret 2020 pukul 08.00 WIB beberapa ibu hamul terlihat mendatangi Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Desa Sadang. Kedatangan mereka bukan untuk memeriksakan kehamilan mereka, akan tetapi para ibu hamil terebut datang untuk mengikuti kelas ibu hamil yang diselenggarakan oleh Bidan Desa Sadang, Ibu Yuyun Soehartini. Kelas ibu hamil merupakan kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu ( menjelang persalinan ) dengan jumlah peserta yang dibatasi yakni maksimal 10 orang.

Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran.

     Kegiatan diawali dengan senam ibu hamil yang dipandu oleh Bidan Desa dan diikuti oleh seluruh peserta. Kali ini Bidan Desa Desa Sadang tidak sendirian, beliau didampingi oleh Bidan Senior Kecamatan jatirogo Ibu Suwarti. Beliau berdua merupakan bidan senior yang sudah sangat ahli dibidangnya didukung oleh pengalaman selama puluhan tahun. Setelah senam ibu hamil selesai, dilanjutkan pemaparan materi oleh kedua bidan senior tersebut.

     Materi pertama adalah mengenai hehamilan, perubahan tubuh dan keluhan yang membahas tentang apa kehamilan itu, perubahan tubuh ibu selama kehamilan, keluhan umum saat hamil dan cara mengatasinya (kram kaki, wasir dan nyeri pinggang), apa saja yang perlu dilakukan ibu hamil dan pengaturan gizi termasuk pemberian tablet tambah darah untuk penanggulangan anemia. Materi berikut pada pertemuan pertama mengenai perawatan kehamilan yang membahas kesiapan psikologis menghadapi kehamilan, hubungan suami istri selama kehamilan, obat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, tanda-tanda bahaya kehamilann dan perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K).

Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua yakni meliputi persalinan yang membahas tanda-tanda persalinan, tanda bahaya persalinan, proses persalinan. Materi selanjutnya adalah perawatan nifas yang membahas apa yang dilakukan ibu nifas agar dapat menyusui ASI ekslusif, bagaimana menjaga kesehatan ibu nifas, tanda-tanda bahaya dan penyakit ibu nifas dan KB pasca persalinan.

Semoga dengan diadakannya kegiatan kelas ibu hamil dapat meningkatkan kualitas kesehatan ibu hamil sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama kehamilan ibu.(@gus_sung)

 

 Referensi : Kompasiana.com

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.450
    Kemarin:3.621
    Total Pengunjung:2.767.013
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.84.228.68
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com