17 Februari 2020 14:45:11
Ditulis oleh Agus S

BAKTI SOSIAL DONOR DARAH PEMDES SADANG PART 3 BERSAMA PMI TUBAN

sadang-jatirogo.desa.id - Pemerintah Desa Sadang Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban kembali menyelenggarakan Bakti Sosial Donor Darah bekerja sama dengan PMI Kabupaten Tuban. Kegiatan ini merupakan Donor Darah kedua yang dilaksanakan oleh Pemdes Sadang. Sebelumnya kegiatan Donor  Darah Pemdes Sadang dalam rangka Bakti Sosial dilaksanakan pada tanggal 13 November 2019. Donor Darah Pemdes Sadang tahap 3 dilaksanakan pada hari senin, 17 Pebruari 2020 pukul 09.00-12.15 WIB dan bertempat di Pendopo Balai Desa Sadang.

          Kegiatan Bakti Sosial ini terselenggara atas kerjasama dari Pemerintah Desa Sadang, Bidan Desa Sadang beserta segenap kader Donor Darah Desa Sadang bersama PMI Kabupaten Tuban. Seluruh elemen masyarakat turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial tersebut. Mulai dari Guru SD, TK & PAUD,  karyawan swasta dan staff lembaga pemerintahan yang berada di Desa Sadang dan masyarakat umum turut menyumbangkan darahnya sebagai wujud dari rasa solidaritas dan kemanusiaan. Terhitung ada 31 orang pendonor yang mendaftarkan diri ke panitia dan melakukan pemeriksaan awal. Namun setelah melalui tahap pemeriksaan Hemoglobin (Hb) dan tensi darah, hanya 25 orang pendonor yang memenuhi kriteria untuk mendonorkan darahnya. Kebanyakan dari pendonor terkendala kadar Hb yang terlalu rendah, terlalu tinggi, tensi darah yang terlalu rendah dan terlalu tinggi. Adapun kasus lain yakni golongan darah AB yang tidak dapat mendonorkan darahnya dikarenakan stok darah AB sudah overload di Kantor PMI Tuban.

Seperti yang kita ketahui bersama, Donor Darah sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Dengan mendonorkan darah kita mendapatkan 4 mandaat sekaligus. Manfaat tersebut antara lain :
- Menjaga kesehatan jantung
- Meningkatkan Produksi sel darah merah
- Membantu menurunkan berat badan
- Mendapatkan kesehatan psikologis, serta
- Mendeteksi penyakit serius yang ada didalam tubuh kita

          Pihak PMI tuban memberikan target 30 kantong darah untuk setiap kali kegiatan Donor Darah dilaksanakan. Namun dari angka 30 kantong tersebut hanya 23 kantong yang berhasil diperoleh pada kegiatan ini. Ini merupakan pencapaian yang sangat bagus meskipun belum memenuhi target mengingat ini baru kedua kelinya Pemdes Sadang melaksanaan kegiatan Donor Darah. Pemerintah Desa Sadang berkomitmen untuk menggelar kegiatan donor darah ini secara rutin setiap 3 (tiga) bulan sekali. Untuk kegiatan Donor Darah selanjutnya InsyaAllah akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Mei 2020. Bagi seluruh Masyarakat Desa Sadang dan sekitarnya yang berkenan untuk berpartisipasi pada kegiatan Donor Darah berikutnya dapat menghubungi Pemdes Sadang maupun Bidan Desa dan Kader Donor Darah Desa Sadang.

Mari kita bersama meningkatkan empati dan rasa kepedulian kita terhadap sesama yang membutuhkan dengan mendonorkan darah kita. Setetes darah kita dapat menyelamatkan nyawa mereka yang membutuhkan. Kita Sehat Nyawa Mereka Selamat !!!
(@gus_sung)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus