09 Januari 2020 19:19:54
Ditulis oleh Agus S

ELEMENTARY HEALTH EDUCATION DI SDN SADANG 1 DAN 2

sadang-jatirogo.desa.id - Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi seluruh umat manusia. Untuk menjaga kesehatan, seseorang perlu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Bukan hanya untuk orang dewasa saja, pola hidup bersih dan sehat perlu diterapkan oleh anak-anak sejak usia dini. Banyak  manfaat yang bisa dirasakan jika anak untuk melakukan gaya hidup sehat sejak dini. Mengajarkan anak memiliki gaya hidup sehat sejak dini nyatanya dapat meningkatkan kualitas hidup anak dan merupakan investasi jangka panjang.

      Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola hidupbersih dan sehat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengajrkan anak untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Mencuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun dan menggosok gigi merupakan salah satu kesehatan dasar yang perlu untuk diterapkan pada anak-anak sejak dini.

Untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat pada anak, mahasiswa KKN BBM-61 UNAIR melakukan kegiatan sosialisai dan penyuluhan kesehatan dasar di SDN Sadang 1 dan SDN Sadang 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa dan hari rabu tanggal 7-8 Januari 2020. Kegiatan sosialisasi ini mencakup cara menggosok gigi dengan baik dan benar serta cara untuk mencuci tangan menggunakan sabun dengan baik dan benar.

          Di SDN Sadang 2 kegiatan sosialisasi sekaligus praktek ini diikuti diikuti oleh siswakelas 4 dan 5. Sedangkan duntuk SDN Sadang 1, kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 2 dan 3. Materi yang diberikan berupa cara menjaga kesehatan rongga mulut yang baik dan benar, waktu yang tepat untuk menyikat gigi beserta langkah-langkahnya. Selain itu mahasiswa dari jurusan kedokteran UNAIR ini juga menjelaskan makanan yang baik dan buruk bagi kesehatan. Para siswa tampak antusias dengan materi yang diberikan serta bersemangat dalam melakukan praktik menyikat gigi ini.


            Setelah praktek menggosok gigi, para siswa diajak keluar ruangan untuk kegiatan cara mencuci tangan menggunakan sabun dengan baik dan benar. Para siswa secara bergantian mencuci tangan di tempat cuci tangan dibawah arahan dari kakak-kakak mahasiswa. Banyak dari para siswa yang ternyata masih salah dalam mencuci tangan sehingga banyak beberapa bagian tangan yang kurang bersih dikarenakan cara mencuci tangan yang kurang benar. Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa dapat mnerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini dilingkungan masing-masing, sehingga generasi penerus Bangsa ini dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang sehat. (artikel by : Alve - KKN BBM-61 UNAIR)

 

Sumber artikel : halodoc.com



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus