10 Desember 2019 21:02:46
Ditulis oleh Agus S

KONFERENSI KEPALA DESA & SEKRETARIS DESA DI BALAI DESA JOMBOK JATIROGO

sadang-jatirogo.desa.id - Konferensi Kepala Desa dan Sekretaris Desa  merupakan agenda bulanan rutin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Jatirogo. Kegiatan ini diselenggarakan secara bergilir di Balai Desa se-Kecamatan Jatirogo. Selain untuk memnjalin tali silaturahmi antara Kepala Desa dan Sekretaris Desa, acara ini sangat penting diselenggarakan sebagai wadah forum komunikasi antara Pemerintah Kecamatan, Dinas Pendidikan, Kantor Urusan Agama, Dinas Kesehatan dan Pemerintah Desa di Kecamata Jatirogo. Melalui forum ini seluruh instansi dapat saling berbagi informasi sehingga dapat menambah wawasan serta pengetahuan mengenai apa saja yang sedang terjadi di seputar wilayah Kecamatan Jatirogo.

Konferensi kali ini diadakan pada hari Selasa tanggal 10 Oktober 2019 dan bertempat di Balai Desa Jombok Kecamatan Jatirogo dan dimulai pada pukul 10.00WIB. Hadir dalam acara Konferensi ini Camat Jatirogo, Danramil Jatirogo, Kapolsek Jatirogo, Korwilcam Bidang Pendidikan Jatirogo, Kepala KUA, Kepala Puskesmas Jatirogo, Kepala Bank Jatim Unit Jatirogo serta Kepala Desa dan Sekretaris Desa Se-Kecamatan Jatirogo.

     Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa Jombok. Beliau berharap dalam konferensi hari ini semoga ada inovasi-inoasi yang terlahir dalam acara ini. Beliau juga berpesan kepada Asosiasi Kepala Desa (AKD) Jatirogo agar selalu kompak dan solid serta bagi anggota AKD senior agar berkenan memberikan bimbingan kepada anggota junior. Seperti kita ketahui bersama bahwa Kepala Desa Jombok merupakan Kepala Desa yang baru dilantik beberapa bulan yang lalu melalui pelantikan Kepala Desa serentak di Kabupaten Tuban.

     Pemaparan materi selanjutnya dari Camat Jatirogo Drs. H. M. Nawawi MM. Beliau menyampaikan materi mengenai pelaporan dan pertanggungjawaban dalam pengelolaan Dana Desa. Dalam membuat laporan pertanggung jawaban penggunaan Dana Desa, Pemerintah Desa harus teliti dalam membuat laporan dan laporan yang dibuat harus detail dan lengkap termasuk pembayaran pajak yang harus dilunasi. Beliau menargetkan pada tahun 2020 semua Desa yang ada di Jatirogo harus sudah tertib administrasi. Beliau akan turun kelapangan langsung untuk mengevaluasi laporan-laporan yang dibuat oleh Kepala Urusan (KAUR), Kepala Seksi (KASI) dan Kepala Dusun (KADUS). Beliau akan mengadakan Konferensi terpisah antara Konferensi Kaur, Konferensi Kasi dan Konferensi Kadus yang mana pada setiap konferensi akan diadakan evaluasi terhadap kinerja dari mereka.

Selain mengenai pelaporan pertanggungjawaban penggunaan Dana Desa, Camat Jatirogo juga membahas mengenai penerapan Pakta Integritas yang dibuat oleh Kepala Desa pada waktu mencalonkan menjadi Kepala Desa beberapa waktu lalu. Seluruh hasil dari pengelolaan Tanah Kas Desa (TKD) oleh Kepala Desa, harus dimasukkan kedalam Rekening Kas Desa (RKD) untuk selanjutnya sebagian dari hasil TKD tersebut akan disalurkan kepada warga masyarakat yang kurang mampu. Besaran dari penyaluran bantuan masyarakat kurang mampu tersebut sesuai dengan Pakta Integritas yang dibuat oleh Kepala Desa. Penyaluran bantuan dapat berupa pemberian makan bagi fakir miskin, pemberian bahan pokok/sembako, santunan anak yatim maupun dalam bentuk beasiswa untuk siswa kurang mampu yang berprestasi, ujar Beliau.

    Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kapolsek Jatirogo beserta Danramil Jatirogo. Beliau berdua sangat mengapresiasi kinerja dari Inspektorat Kabupaten Tuban yang telah melakukan audit dan pembinaan kepada Pemerintah Desa, sehingga Pemerintah Desa dapat melaksanakan kegiatan operasional serta pembangunan Desa dengan baik dan dalam menyusun laporan pertanggungjawaban dapat sesuai dengan aturan yang berlaku. Beliau juga berpesan menjelang Pemilihan Bupati Kabupaten Tuban Tahun 2020, tensi politik sudah terlihat sedikit naik, sehingga kita perlu waspada dan berhati-hati dalam penyampaian aspirasi dan pendapat. Jangan sampai dalam menyampaikan aspirasi tersebut melanggar hukum yang berlaku, ujar Kapolsek Jatirogo.

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Kepala KUA Jatirogo, Kepala Puskesmas Jatirogo, Kepala Korwilcam Bidan g Pendidikan Kecamatan Jatirogo dan sambutan terakhir disampaiakan oleh Kepala Bank Jatim Unit Pembantu Kecamatan Jatirogo. Acara Konferensi Kepala Desa dan Sekretaris Desa selesai pukul 12.00 WIB dan diakhiri dengan ramah tamah makan bersama dengan semua peserta Konferensi. (@gus_sung)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus