11 November 2019 22:56:25
Ditulis oleh Agus S

RAPAT PENYUSUNAN RPJMDES BERSAMA PENDAMPING APBDES KEC. JATIROGO

sadang-jatirogo.desa.id - Rencanan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) adalah Dokumen Rencana Pembangunan Desa untuk jangka waktu 6 (enam) tahun. RPJMDes memuat visi dan misi kepala Desa, arah kebijakan pembangunan Desa, serta rencana kegiatan yang meliputi bidang penyelenggaraan pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa. Alur penyusunan RPJMDes berpedoman pada Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Perencanaan Pembangunan Desa.

          Bagi Sekretaris Desa Se-Kecamatan Jatirogo (SEKDES WOLULAS Jatirogo), RPJMDes merupakan hal yang masih baru. Tahun ini merupakan tahun pertama bagi Sekdes Wolulas Jatirogo untuk menyusun RPJMDes mengingat masa jabatan mereka yang belum genap 2 tahun. Pasca pelantikan Kepala Desa periode 2019-2025 maka Kepala Desa yang baru diwajibkan untuk menyusun  RPJMDes selambatnya 3 bulan setelah masa pelantikan. Maka Kepala Desa baru membentuk Tim Penyusun RPJMDes yang selanjutnya akan menyusun, merumuskan dan memutuskan RPJMDes bersama dengan BPD untuk periode 2019-2025.

Pihak Kecamatan jatirogo berkoordinasi dengan Pendamping Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) melaksanakan rapat koordinasi dan sosialisasi tentang penyusunan RPJMDes kepada Sekdes Wolulas Jatirogo. Acara di selenggarakan di Panti PKK Kecamatan Jatirogo yang dihadiri oleh 18 Sekretaris Desa, Pendamping APBDes dan Tim Pendamping dari Kecamatan Jatirogo. Acara berlangsung mulai pukul 08.30-11.00 WIB pada hari senin 11 November 2019.

Dalam rapat koordinasi ini pendamping APBDes Kecamatan Jatirogo, Bapak Bambang Wahyu menjabarkan mengenai tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam penyusunan RPJMDes. Adapun tahapan-tahapan dalam penyusunan RPJMDes adalah sebagai berikut :

  1. Pembentukan Tim Penyusun RPJM Desa; 
  2. Penyelerasan Arah Kebijakan Perencanaan Pembangunan Kabupaten; 
  3. Pengkajian Keadaan Desa; 
  4. Penyusunan Rencana Pembangunan Desa melalui Musyawarah Desa (Musdes);
  5. Penyusunan Rancangan RPJM Desa;
  6. Penyusunan Rencana Pembangunan Desa melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa, dan 
  7. Penetapan RPJMDes.

Diharapkan setelah rapat koordinasi selesai, Sekdes Wolulas bersama Tim Penyusun RPJM di Desa masing-masing dapat segera menuntaskan perumusan RPJMDes sampai dengan penetapan RPJMDes tepat waktu. Mengingat waktu yang trsisa sangat sedikit, maka Sekdes Wolulas beserta Tim Penyusun RPJM harus berlomba dengan waktu untuk segera menyelesaikan Dokumen Pembangunan 6 tahunan tersebut. (@gus_sung)

 

sumber artikel : Info Seputar Desa

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus