Artikel

PELATIHAN JURNALISTIK OPERATOR WEBSITE DESA DAN BLOGGER KABUPATEN TUBAN

30 Oktober 2019 11:30:49  Agus Sungaedi  999 Kali Dibaca  Berita Desa

sadang-jatirogo.desa.id - Kabupaten Tuban memiliki satu talenta penulis yang luar bisa dan sudah Go Internasional. Adalah Nur Hidayati, wanita yang bertempat tinggal di Jl. Manalagi 1 No.1A Kelurahan Perbon Kabupaten ini merupakan penulis yang telah sukses menerbitkan beberapa buku karya nya. Beliau merupakan Pendiri dan Rektor Nulis Aja Community dan Pendiri Wadah Baca Masyarakat Sanggar Caraka. 11 buku solo dan 20 antologi fiksi dan non fiksi berhasil ditulisnya dan sudah diterbitkan untuk umum. Nur Hidayahti akrab disapa dengan Hiday Nur yang merupakan nama tenar didalam karya bukunya, memenuhi undangan dari Diskominfo Kabupaten Tuban untuk berbagi ilmu menulis kepada para blogger dan admin website Desa di Kabupaten Tuban. Beliau diminta untuk menularkan ilmu menulisnya kepada para penulis di media elektronik / website oleh Diskominfo Tuban dalam rangka untuk meningkatkan profesionalitas menulis bagi para admin website desa maupun para blogger. 

Admin Website Desa yang beruntung dan mendapatkan undangan untuk menghadiri pelatihan jurnalistik oleh penulis andal ini adalah admin website desa yang memiliki pengunjung terbanyak di desa masing-masing. Di Kecamatan Jatirogo sendiri ada empat Desa yang beruntung mengikuti pelatihan jurnalistik tersebut. Keempat Desa tersebut adalah Desa Sadang, Desa Sugihan, Desa karang Tengah dan Desa Besowo yang menduduki peringkat 4 besar dengan trafik pengunjung website tertinggi di Kecamatan Jatirogo.

Acara diselenggarakan di Gedung LPSE Kabupaten Tuban Lantai 2 pada hari rabu tanggal 30 Oktober 2019 dan dihadiri oleh admin website desa serta para Blogger andal Kabupaten Tuban. Pelatihan Jurnalistik ini merupkan pelatihan perdana bagi admin website desa di Kabupaten Tuban.

Acara dimuali pukul 09.30 dan dibuka oleh Perwakilan dari LPSE Kabupaten Tuban. Setelah pembukaan, Nur Hidayati pun langsung memulai pelatihan dengan pemaparan materi. Beliau membuka materi dengan memberikan kata-kata motivasi yakni "Sumber Ekonomi bisa saja habis, tetapi kreatifitas tidak". Hal ini menerangkan bahwa kreatifitas yang dimilik oleh para admin website atau blogger tidak ada batasnya, tinggal bagaimana admin tersebut pandai untuk mengobservasi kreatifitas tersebut atau tidak. Hiday nur menjelaskan bahwa dam pembuatan website kita harus memperhatikan beberapa hal diantaranya adalah isi dari website dan gaya penulisan website.

Beliau menambahkan bahwa dalam penulisan website, kita bisa menulis tentang program, aturan, anggaran, profil, agenda, prestasi, pendapat, kebutuhan, pengetahuan, mindset, potensi budaya, wisata maupun produkk unggulan dari suatu wilayah. Kita tidak harus melulu menulis tentang laporan , program dan prestasi akan tetapi potensi budaya, produk dan wisata juga bisa kita eksplor secara maksimal untuk menambah variasi tulisan kita. Sudut pandang atau angel dalam penulisan berita pun penting untuk diperhatikan . Angel ini dapat menjadi ciri khas dan pembeda antara admin web yang satu dengan yang lainnya. Kita harus pandai mengambil angel agar menjadi ciri khas dari tulisan yang kita buat di dalam website. Angel yang tepat juga dapat menarik perhatian bagi para pengunjung/visitor website kita sehingga trafik pengunjung di website kita akan naik dan Desa kita pun semakin dikenal luas oleh Dunia Internasional. (@gus_sung)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:230
    Kemarin:3.621
    Total Pengunjung:2.765.793
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.93.59.171
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com