05 Oktober 2019 22:17:24
Ditulis oleh Agus S

MUSYAWARAH PERUBAHAN APBDES TAHUN ANGGARAN 2019

sadang-jatirogo.desa.id - Sabtu malam tanggal 5 oktober 2019 di laksanakan Musyawarah Desa (Musdes) untuk membahas perubahan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun anggaran 2019. Acara dilaksanakan di pendopo balai desa Sadang Kecamatan Jatirogo. Hadir dalam rapat ini yakni Kepala Desa Sadang, Perangkat Desa Sadang, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Sadang serta seluruh anggora Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sadang. Tujuan diadakannya Musyawarah Desa ini adalah melakukan perubahan terhadap APBDesa untuk tahun anggaran 2019.

Perubahan terhadap APBDes ini sangat perlu dan mendesak dilakukan karena ada kegiatan yang bersifat mendadak yang harus dilakukan oeh Pemerintah Desa Sadang yang tidak dianggarkan pada waktu awal penyusunan APBDes tahun 2019. Kegiatan tersebut adalah pelaksanaan Lomba Desa Siaga Aktif Tingkat Kabupaten Tuban Tahun 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 18 september lalu. Kegiatan lomba desa siaga aktif menggunakan anggaran yang cukup banyak sehingga perubahan APBDes mutlak dilakukan. Untuk merubah APBDes yang sudah disusun sebelumnya, beberapa kegiatan yang sudah dianggarkan dan skala prioritasnya tidak terlalu mendesak terpaksa harus dipending dan anggarannya dialihkan untuk pelaksanaan Lomba Desa Siaga Aktif Tahun 2019.

Untuk melakukan perubahan tersebut, Pemerintah Desa Sadang harus bermusyawarah dengan segenap perangkat desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan BPD Desa Sadang. Acara diawali dengan pembukaan dari Kepala Desa Sadang. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan perubahan APBDes oleh Sekretaris Desa Sadang. Satu persatu rincian APBDes dijelaskan di dalam forum sampai benar-benar jelas dan tuntas. Kemudian ada sesi tanya jawab oleh forum. Beberapa anggota BPD mengajukan pertanyaan dan pihak Pemerintah Desa Sadang menjawab serta menjelaskan dengan lugas dan gamblang. Setelah beberapa saat setelah tanya jawab dan seluruh peserta musyawarah mengerti dan faham tentang perubahan APBDes ini, akhirnya didapatkan kata mufakat. Setelah kemufakatan ini berarti Perubahan terhadap APBDes Tahun 2019 sudah sah dan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, (@gus_sung)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus