05 Oktober 2019 07:22:49
Ditulis oleh Agus S

PMT PEMULIHAN BALITA WASTING

sadang-jatirogo.desa.id - Pemberian Makanan Tambahan (PMT) adalah kegiatan pemberian makanan kepada balita dalam bentuk kudapan yang aman dan bermutu beserta kegiatan pendukung lainnya dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan. Serta mengandung nilai gizi yang sesuai dengan kebutuhan sasaran. PMT pemulihan dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan gizi balita sekaligus sebagai pembelajaran bagi ibu dari balita sasaran. PMT pemulihan diberikan dalam bentuk makanan atau bahan makanan lokal. Hanya dikonsumsi oleh balita gizi buruk dan sebagai tambahan makanan sehari-hari bukan sebagai makanan pengganti makanan utama. Makanan tambahan pemulihan diutamakan berbasis bahan makanan lokal. Jika bahan lokal terbatas dapat digunakan makanan pabrikan yang tersedia di wilayah setempat dengan memperhatikan kemasan, label dan masa kadaluarsa untuk keamanan pangan. Diuatamakan berupa sumber protein hewani dan nabati serta sumber vitamin dan mineral terutama berasaal dari sayur dan buah. PMT pemulihan ini diberikan sekali dalam satu hari selama 90 hari berturut-turut atau 3 bulan.

          Di Desa Sadang ada 3 orang Balita yang termasuk dalam kategori BGM (Bawah Garis Merah) atau yang biasa di sebut dengan istilah Balita Wasting. Wasting merupakan salah satu klasifikasi dari indikator status gizi BB/TB. Anak yang dikatakan kurus adalah mereka yang memiliki berat badan rendah yang tidak sesuai terhadap tinggi badan yang dimilikinya. Wasting biasanya terjadi pada anak selama masa penyapihan atau selama 2 tahun pertama kehidupannya. Setelah anak berumur 2 tahun, biasanya risiko ia mengalami wasting akan menurun. Wasting merupakan tanda bahwa anak mengalami kekurangan gizi yang sangat berat, biasanya terjadi karena kurangnya asupan makanan atau penyakit infeksi, seperti diare. Ketiga balita yang tergolong dalam kategori Wasting adalah :
1. Heru, umur 18 bulan dengan berat badan 8,5kg dan tinggi badan 75cm
2. Faisan, Umur 16 bulan dengan berat badan 7,9kg dan tinggi badan 73cm
3. Oujiana, umur 18 bulan dengan berat badan 7,3kg dan tinggi badan 72cm

          Setiap 1 minggu sekali Kader Kesehatan Desa Sadang memberikan PMT kepada Balita Wasting. PMT Pemulihan yang diberikan adalah PMT yang berbasis bahan makanan lokal, yakni berupa makanan pendamping air susu ibu (MP-ASI) untuk bayi yang berusia 6-23 bulan. PMT Pemulihan ini dimasak dan diolah oleh para Kader Kesehatan sendiri untuk menjaga kualitas gizi dan kebersihannya. Pada saat penyerahan PMT Pemulihan, kader juga melakukan pengecekan kesehatan terhadap balita wasting tersebut, apakah sudah ada kenaikan berat badan atau tidak selama 1 minggu berjalan. Pemberian PMT pemulihan ini dimulai tanggal 03 oktober dan dilaksanakan selama kurun waktu 90 hari dan ini merupakan program dari pemerintah untuk menekan angka balita dengan kondisi Wasting. (@gus_sung)

 

sumber berita : Yuyun Soehartini - Bidan Desa Sadang, Hello Sehat , Dinkes Kabupaten Sumenep



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus