18 September 2019 20:41:33
Ditulis oleh Agus S

PENILAIAN LOMBA DESA SIAGA AKTIF TAHUN 2019 DI DESA SADANG

sadang-jatirogo.desa.id - Setelah mengikuti penilaian administras Lomba Desa Siaga Aktif di Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban pada tanggal 04 September 2019 kemarin, pada tanggal 13 September 2019 Tim Penilai dari Kabupaten Tuban mengumumkan bahwa Desa Sadang lolos dan menempati posisi 10 besar se-Kabupaten Tuban, yakni lebih tepatnya Desa Sadang menempati posisi ke-6. Pada hari rabu tanggal 18 September Tim Penilai Lomba Desa Siaga Aktif Kabupaten Tuban mengunjungi Balai Desa Sadang untuk melakukan penilaian lanjutan. Penilaian meliputi penilaian administrasi yang merupakan tindak lanjut dari penilaian adminstrasi sebelumnya di Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban dan penilaian lapangan yang meliputi penilaian rumah sehat, penilaian lingkungan dan penilaian di Poskesdes. Rombongan Tim Penilai tiba di Balai Desa Sadang pada pukul 09.45WIB dan dikawal oleh Kapolsek Jatirogo beserta Tim.

Memasuki gerbang Balai Desa Sadang, Tim Penilai disambut dengan tarian jatilan dan kesenian barong yang merupakan kesenian khas dari Desa Sadang dan dilestarikan oleh Remaja Desa Sadang. Tarian Jatilan dan Barong mengiringi Tim memasuki pendopo Balai Desa Sadang dan acara pun dimulai. Acara diawalai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Mars PKK dan menyanyikan Lagu KADARZI (Keluarga Sadar Gizi) yang diiringi oleh gamelan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Camat Jatirogo, Bapak Drs. Moh. Nawawi MM. Beliau mengucapakan selamat datang kepada tim penilai lomba desa siaga dari Kabupaten Tuban dan berharap agar semua yang ditampilkan dan disajikan oleh Pemerintah Desa Sadang dalam penilaian lomba desa siaga ini dapat memeperoleh nilai yang maksimal dari Tim Penilai. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Tim Penilai dari Kabupaten Tuban. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas sambutan luar biasa oleh Pemerintah Desa Sadang. Desa Siaga merupakan perwujudan kerjasama dari seluruh unsur-unsur masyarakat di lingkup wilayah Desa dan diharapkan dalam lomba desa siaga ini dapat lebih meningkatkan kerja sama dari Pemerintah Desa dan seluruh elemen masyarakat, tambah beliau.
Dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa Sadang, Ibu Suci Arini. Beliau menyampaiakan terima kasih kepada Tim Penilai dari Kabupaten dan berharap Tim Penilai dapat memberikan penilaian sesuai dengan apa yang sudah ditampilkan dan disajikan oleh Pemerintah Desa Sdang, baik itu administrasi dan lain-lainnya. Kemudian beliau melnajutkan dengan pemaparan materi. Kepala Desa Sadang menyampaikan pemaparan materi terkait profil Desa Sadang dan Pencapaian dari Desa Sadang yang sudah diraih sampai saat ini khususnya dalam bidang kesehatan di Desa.

Setelah sambutan selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan penilaian dari Tim. Tim dibagi menjadi beberapa kelompok dan melakukan penilian sesuai dengan tugas masing-masing. Penilaian meliputi penilaian Pokja TP PKK, penilaian penganggaran dana untuk kesehatan Desa, penilaian rumah dan lingkungan sehat dan penilaian Poskesdes. Penilaian berlangsung selama kurang lebih 60 menit. Setelah tim selesai menilai, seluruh tim penilai kembali ke Balai Desa Sadang. Tim kemudian memaparkan hasil evaluasi terhadap penilaian yang telah dilakukan. Tim mengaku sangat senang karena administrasi di Desa Sadang sudah baik, hanya perlu sedikit pembenahan.

Setelah pemaparan evaluasi selesai, tim berkemas dan bersiap untuk melanjutkan penilaian desa siaga selanjutnya di Desa lain. Sebelum meninggalkan Balai Desa Sadang, seluruh tim penilai dan Forkopimca Jatirogo dipersilahkan untuk bersantap siang bersama di tempat yang sudah disediakan oleh Pemerintah Desa Sadang. Tak lupa seluruh Perangkat Desa, TP PKK, Kader dan Tim dari Puskesmas juga mengikuti santap siang bersama. Setelah makan siang, tim berpamitan kepada Pemerintah Desa. Pemerintah Desa Sadang memberikan oleh-oleh makanan khas Desa Sadang yang sudah terkenal yaitu marning jagung. Tim meninggalkan tempat dan acara pun selesai.
Semoga Desa Sadang dapat memperoleh nilai yang maksimal pada Penilaian Lomba Desa Siaga Aktif Tahun 2019 ini dan mendapatkan gelar juara untuk yang pertama kalinya. Aamiin..aamiin..Ya Robbal 'aalamiin., (@gus_sung)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus