10 September 2019 17:38:30
Ditulis oleh Agus S

IMUNISASI BIAS CAMPAK & SCREENING SD IT AL-USWAH SADANG JATIROGO

sadang-jatirogo.desa.id - Tim dari Puskesmas Jatirogo melakukan imunisasi BIAS Campak dan Screening di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Al-Uswah Desa Sadang Kecamatan Jatirogo. Kegiatan ini dilakukan pada hari Selasa tanggal 10 september 2019 dan dimulai pada pukul 08.00 WIB.  Tim dari Puskesmas Jatirogo beranggotakan 7 orang yang terdiri dari Bidan Desa, Perawat dan Bidan Puskesmas Jatirogo. Anggota dari Tim tersebut yakni :
- Yuyun Soehartini S.ST
- Sri Puji Rahayu Amd. Keb.
- Tri Juniarto S.Kep.Ns
- Ama Fikhi Mardiyati Amd, Keb.
- Budi Setyowati Amd. Keb.
- Luluk Zubaidah Amd. Keb.
- Ninik Sugiharti S.Kep.Ns


Imunisasi BIAS Campak diberikan kepada murid SD IT Al-Uswah Sadang Jatirogo untuk murid kelas 1 dan murid kelas 2. Murid kelas 1 berjumlah 32 anak dan murid kelas 2 berjumlah 35 anak. Jadi total keseluruhan murid kelas 1 dan kelas 2 yang mendapatkan Imunisasi BIAS campak ada 67 anak.

Kemudian untuk Screening diberikan kepada seluruh murid SD IT Al-Uswah dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Jumlah keseluruhan dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 adalah sebanyak 157 anak dengan rincian :
- Kelas 1 : 32 anak
- Kelas 2 : 35 anak
- Kelas 3 : 25 anak
- Kelas 4 : 21 anak
- Kelas 5 : 19 anak
- Kelas 6 : 25 anak


Semua murid kelas 1 sampai dengan kelas 6 mendapatkan giliran masing-masing untuk dilakukan Screening oleh Tim Puskesmas Jatirogo. Dimulai dengan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan denyut nadi, pengukuran tensi darah, dan pemeriksaan nafas. Selain pemeriksaan tersebut, screening juga dilakukan dengan memeriksa kondisi rambut, kebersihan telinga, pemeriksaan kondisi kuku, pemeriksaan mulut, pemeriksaan gigi, pemeriksaan mata dan pemeriksaan pendengaran. Untuk pemeriksaan mata, murid diminta untuk membaca huruf dari kejauhan, apakah penglihatannya normal atau mengalami minus. Sedangkan untuk test pendengaran digunakan garputala untuk mengetes kemampuan mendengar murid.

Imunisasi BIAS Campak dan Screening ini merupakan Imunisasi tahap ke-2 setelah sehari sebelumnya yaitu hari senin tanggal 09 September 2019 Imunisasi Bias Campak dan Screening dilakukan di SDN Sadang 2. Selanjutnya Imunisasi BIASCampak dan Screening akan dilakukan di SDN Sadang 1. (yuyun_soehartini - bidan desa sadang)

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus