09 September 2019 15:40:55
Ditulis oleh Agus S

SOSIALISASI FAMILY DEVELOPMENT SESSION (FDS) PENDAMPING PKH DESA SADANG

sadang-jatirogo.desa.id - Bapak Sukisno selaku Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Sadang beserta tim Pendamping PKH Kecamatan Jatirogo mengadakan Sosialisasi Family Development Session (FDS) kepada penerima PKH di Desa Sadang. Acara dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Sadang pukul 13.00WIB pada hari senin tanggal 09 September 2019. FDS merupakan upaya peningkatan kemampuan keluarga yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran terhadap perlakuan terhadap keluarga, lingkungan sekitar dan diri sendiri.

Pertemuan ini merupakan rangkaian dari acara yang diagendakan oleh Tim Pendamping PKH selama 4 kali dan pertemuan hari ini merupakan pertemuan yang pertama kali. Pertemuan akan dilaksanakan sebulan sekali selama 4 bulan secara berturut-turut.

Pada sosialisasi FDS ini peserta diberikan buku materi yang telah disiapkan oleh tim pendamping PKH. Materi yang disampaikan pada sosialisasi FDS kali ini adalah bagaimana menjadi orang tua yang hebat untuk anak. Ada beberapa kriteria agar orang tua bisa diakatakan menjadi orang tua yang hebat dan lebih baik. Kriteria pertama adalah bahwa orang tua harus dapat melakukan perbuatan yang baik. Sebagaiman kita ketahui bahwa anak merupakan foto copy dari orang tua. Apabila orang tua bersikap dan berbuat baik, maka anak akan menjadikan orang tua sebagai panutan yang wajib ditiru, sehingga anak juga akan dapat berperilaku baik seperti orang tua mereka. Begitupun sebaliknya, jika orang tua memberikan contoh perilaku dan sifat yang buruk, maka secara alami, anak perilaku anak juga akan menjadi buruk seperti orang tua mereka.

Kriteria kedua untuk menjadi orang tua yang baik dan hebat bagi anak adalah kerja sama yang baik antara kedua orang tua dalam mengasuh anak. Ayah dan Ibu merupakan dua insan yang memilik tugas yang berbeda didalam mengasuh anak akan tetapi tanggung jawab keduanya adala sama, yakni mengasuh anak secara bersama-sama. Kedua orang tua harus menjalankan tanggung jawabnya secara bersama-sama secara kompak dalam mengasuh anak. Seorang ibu harus melibatkan peran serta ayah didalam pengasuhan anaknya. Dengan melihat kerja sama yang baik diantara kedua orang tua, secara tidak langsung anak juga akan mencontoh sikap kerja sama yang baik dalam kehidupannya.

Menghindari perbedaan pendapat yang dapat menimbulkan konflik dihadapan anak merupakan salah satu hal yang harus diindari. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi dan fokus belajar pada anak dan dapat menanamkan sikap yang buruk pada anak seperti sifat pemarah, agresif, pendendam dan sebagainya.

Dengan pertemuan FDS ini diharapkan para orang tua yang tergabung dalam PKH dapa meningkatkan kapasitas dan kualitas dalam mendidik anak-anaknya di lingkungan rumah tangga. Dengan pendidikan yang baik oleh orang tua akan berdampak terhadap kemampuan konsentrasi dan fokus belajar anak akan semakin meningkat karena lingkungan keluarga yang harmonis. Sehingga prestasi belajar akademik anak akan menjadi lebih baik dan hal tersebut akan menunjang langkah anak untuk meraih cita-cita untuk masa depan mereka.

Pada bagian akhir acara, Pendamping PKH Desa Sadang memberikan penawaran terhadap semua peserta PKH. Penawaran tersebut adalah bagi keluarga yang meras sudah mampu dan sudah tidak layak untuk menerima PKH diharapkan segera mengajukan diri kepada Tim Pendamping PKH Desa Sadang untuk segera mengundurkan diri menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Karena dengan demikian dapat mengurangi kesenjangan sosial yang ada didalam masyarakat.(@gus_sung)

 

sumber artikel : Blog PPKH Kota Pekanbaru , pendampingsosial.id

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus