09 September 2019 14:04:51
Ditulis oleh Agus S

RAPAT KOORDINASI SEKRETARIS DESA KECAMATAN JATIROGO

sadang-jatirogo.desa.id - Camat Jatirogo, Drs.  Moh. Nawawi, MM menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan Sekretaris Desa (Sekdes) se-Kecamatan Jatirogo. Acara ini dihadiri oleh Camat Jatirogo, Kasi Pemerintahan Kecamatan Jatirogo, Plt. Sekretaris Kecamatan Jatirogo dan Pendamping Desa di kecamatan Jatirogo.

Acara diselenggarakan senin pagi tanggal 09 September 2019 pukul 07.00 WIB di pendopo Kecamatan Jatirogo setelah diadakannya Apel Senin Pagi yang dilaksanakan  dihalaman Kecamatan Jatirogo. Acara dibuka oleh camat Jatirogo. Beliau menyampaikan beberapa hal penting yang harus diketahui dan segera ditindak lanjuti serta dilaksanakan oleh Sekretaris Desa se-Kecamatan Jatirogo. Untuk pertama kali Bapak Drs. Moh. Nawawi memperkenalkan kepada sekretaris desa se-kecamatan jatirogo bahwa ada Pendamping Desa baru untuk Desa di Kecamatan Jatirogo. Beliau adalah Bapak Bambang yang berasal dari Jawa Tengah. Sebelumnya Bapak Bambang menghandel Desa di Kecamatan Kerek. Beliau sudah mendapatkan SK dari Bupati Tuban untuk menjadi Pendamping Desa di Kecamatan Jatirogo dan siap untuk berkolaborasi dengan Sekdes di Kecamatan Jatirogo. Lebih lanjut Camat Jatirogo juga menyampaikan untuk pengajuan serta pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap 3, Sekretaris Desa harus bekerja sama dan berkoordinasi dengan pendamping desa agar semua kegiatan bisa berjalan dengan baik. 

Selanjutnya, Camat Jatirogo menyampaikan dalam waktu dekat akan ada kunjungan dari Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pmbangunan Daerah (TP4D). Oleh karena itu Pemerintah Desa diwajibkan untuk segera melengkapai pelaporan pertanggungjawaban (SPJ) atas dana yang sudah diserap oleh Pemerintah Desa. TP4D akan mengunjungi 2 atau 3 Desa yang ada di Kecamatan Jatirogo yang ditunjuk secara acak untuk dilakukan evaluasi SPJ. Kemudian beliau juga menyampaikan bahwa Sekdes selaku ketua penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) juga harus menganalisa dan mengevaluasi apakah RPJM yang dibuat oleh Kepala Desa di awal masa jabatan sudah semuanya dilakukan atau masih ada yang kurang. Selanjutnya Camat Jatirogo menjelaskan masalah perizinan kegiatan. Beliau menyampaikan bahwa pengajun perizinan warga yang punya hajat harus dilakukan setidaknya 2 atau 3 hari sebelumnya. Untuk hiburan beupa orgent tunggal maupun orkes dangdut tidak diperkenankan dan tidak diijinkan dilakukan pada waktu malam hari.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Plt. Sekretaris Kecamatan Jatirogo, Bapak Sudjono. Beliau menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pembekalan Kepala Desa Baru yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 September 2019. Kemudian beliau juga menyampaikan bahwa pada bulan Pebruari tahun 2020 akan dilaksanakan Test Perangkat Desa. Kegiatan test perangkat desa ini akan dilaksanakan Pemerintah Desa secara mandiri dan didanai oleh anggaran APBDes.

Pemateri selanjutnya adalah Kasi Pemerintahan Kecamatan Jatirogo. Beliau menyampaikan bahwa RPJMDes harus segera disusun dan final penyusunannya harus selesai dalam waktu 3 bulan. Beliau juga menyampaikan agar operator website desa lebih aktif untuk menyampaikan segala hal dan kegiatan yang ada di Desa masing-masing agar masyarakat mengetahui tentang kegiatan apa yang ada di Desa.

Dilanjutkan dengan perkenalan dari Pendamping Desa Kecamatan jatirogo, Bapak Bambang.  Beliau memperkenalkan diri dan memberikan pesan kepada Sekdes di Jatirogo agar tidak sungkan untuk bertukar informasi dan meminta bimbingan apabila didapat kesulitan dalam pegaplikasian Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) yang mana operatornya adalah Sekretaris Desa. Dengan koordinasi dan kerja sama yang baik antara Sekdes dan Pendamping Desa diharapkan semua kegiatan penganggaran dan peng-SPJ an yang ada di Desa dapat dilakukan dengan baik. (@gus_sung)

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus