06 September 2019 10:29:39
Ditulis oleh Agus S

PEMANTAUAN STATUS GIZI (PSG) TAHAP 3 DI TK AL-USWAH SADANG JATIROGO

sadang-jatirogo.desa.id - Jum'at tanggal 06 September 2019 diselenggarakan Pemantauan Status Gizi (G) tahap 3 di TK Al-Uswah Desa Sadang Kecamatan Jatirogo. Masih dalam rangkaian program Pemerintah untuk memenuhi angka kecukupan Vitamin Nasional dan juga sebagai langkah untuk pencegahan stuntung (balita kerdil). Acara dimulai pada pukul 07.30 pagi, Bidan Desa dibantu oleh tenaga kader kesehatan Desa Sadang mulai mendata siswa di TK Al-Uswah. Setelah didata, dilakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan kepada semua siswa. Hal ini dilakukan untuk memantau apakah siswa tersebut pertumbuhannya sudah sesuai dengan umurnya atau mengalami kondisi stunting (kerdil) yaitu keterlambatan pertumbuhan yang diakibatkan oleh kekurangan asupan gizi. Jika memang terindikasi bahwa siswa tersebut mengalami keterlambatan pertumbuhan yang tidak sesuai dengan umurnya, maka Bidan Desa akan memberikan tambahan multivitamin dan menghimbau orang tua siswa agar memberikan asupan gizi yang cukup untuk putra putrinya.

Setelah semua siswa diukur tinggi badannya dan ditimbang berat badannya, acara dilanjutkan dengan pemberian Vitamin A untuk TK A. Seperti yang kita ketahui bahwa pemberian Vitamin A adalah diperuntukkan untuk anak usia 6-11 bulan untuk vitamin A kapsul biru dan anak usia 12-59 bulan untuk vitamin A kapsul merah. Vitamin A diberikan kepada TK A dengan jumlah 40 siswa dengan dosis 200.000 IU (International Unit). Selain mendapatkan Vitamin A, kelas TK A juga mendapatkan obat cacing. Obat cacing yang diberikan adala dengan jenis Albendazol yang mana obat cacing tersebut berguna untuk mengatasi inveksi larva cacing dengan jenis sistiserkosis dan echinococcosis. Obat cacing jenis Albendazol bekerja dengan cara merusak sel usus cacing sehingga cacing tidak dapat menyerap gula serta kehabisan energi sehingga kemudian cacing akan mati.

Selain TK A, pemberian Vitamin A juga diberikan kepada Baby School Al-Uswah Desa Sadang. Sebanyak 26 anak di Baby School al-Uswah mendapatkan Vitamin A merah dengan dosis 200.000IU. Selain mendapatkan Vitamin A, 26 siswa Baby School juga mendapatkan obat cacing sebagai tindakan preventif terhadap inveksi larva cacing di dalam tubuh.

Untuk kelas TK B Al-Uswah sendiri hanya mendapatkan obat cacing. Sebanyak 46 siswa kelas TK B Al-Uswah mendapatkan obat cacing jenis Albendazol. Kelas TK B tidak mendapatkan multivitamin A dikarenakan usianya sudah lebih dari 59 bulan dan tidak termasuk ke dalam daftar penerima multivitamin A. Seluruh siswa sangat antusias dalam kegiatan ini. Segenap Guru dan Kepala Sekolah turut membantu Bidan Desa dan Kader Kesehatan Desa demi lancarnya kegiatan ini. Acara pemantauan status gizi ini merupakan acara PSG tahap ketiga yang mana pada tahap 2 sebelumnya dilaksankan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Desa Sadang. (artikel by : Yuyun Soehartini - Bidan Desa Sadang)

 

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus