Artikel

KELAS IBU HAMIL DESA SADANG WUJUDKAN KESEHATAN IBU DAN JANIN

18 September 2020 07:16:49  Agus Sungaedi  1.887 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo,desa.id – Kesehatan ibu dan bayi adalah dambaan semua wanita pada masa kehamilan. Pemeriksaan kehamilan penting dilakukan oleh ibu hamil semasa kehamilan. Untuk menunjang hal tersebut Bidan Desa Sadang, Ibu Yuyun Soehartini menyelenggarakan Kelas Ibu Hamil periode ke-2 pada tahun 2020. Sebelumnya pada periode pertama Kelas Ibu Hamil dilaksanakan pada bulan maret 2020 dan sempat terhenti beberapa bulan akibat pandemi Covid-19 yang membuat wilayah Desa Sadang sempat menjadi zona merah karena ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sejatinya Kelas Ibu Hamil akan dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dan ada 4 materi yang harus dibawakan oleh Bidan Desa. Namun hal tersebut tidak bisa terlaksana sekaligus akibat terkendala peraturan protokol kesehatan dari Pemerintah sehingga hanya dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama dilaksanakan pada tanggal 11 September dengan agenda pemberian materi 1 dan 2.  Sebanyak 10 orang ibu hamil hadir pada pertemuan pertama ini .

Pada pertemuan selanjutnya, yakni pertemuan kedua dilaksanakan pada tanggal 17 September 2020 yang bertempat di Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Desa Sadang. Pesertanya masih sama dengan pertemuan kedua namun kali ini agak berbeda karena ibu hamil didampingi suaminya sehingga para suami mengikuti materi kelas ibu hamil yang diberikan oeh Bidan Desa.

Pada pertemuan pertama, Bidan Desa memberikan materi tentang kehamilan, perubahan tubuh pada ibu hamil, keluhan umum saat hamil serta cara mengatasinya, konsumsi gizi untuk ibu hamil, kesiapan psikologis ibu hamil, tanda-tanda bahaya kehamilan dan perenanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K).

Untuk pertemuan kedua materi yang diberikan oleh Bidan Desa lebih mengarah kepada kesiapan ibu hamil pasca persalinan seperti pemberian asi ekslusif oleh ibu nifas dan bagaimana cara menjaga kesehatan ibu nifas.

Kelas Ibu Hamil ini sangat penting diikuti oleh semua Ibu hamil yang ada di wilayah Desa Sadang pada khususnya. Namun kenyataannya masih saja ada ibu hamil yang enggan untuk mengikuti kegiatan ini dengan berbagai alasan. Diharapkan kedepannya semua ibu hamil yang ada di Desa Sadang dapat mengikuti kelas ibu hamil secara keseluruhan sehingga dapat mewujudkan kesehatan Ibu dan Janin semasa kehamilan dan pasca melahirkan. (@gus_sung)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.412
    Kemarin:3.621
    Total Pengunjung:2.766.975
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.219.167.163
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com