Artikel

PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SEPASI DESA & APM DESA BERBASIS TTE

15 Desember 2020 08:09:58  Agus S  839 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id - Beberapa waktu yang lalu seluruh Kepala Desa di Kecamatan Jatirogo dibantu oleh tim dari Diskominfo Kabupaten Tuban secara resmi mengaktifkan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Hal ini berarti secara bertahap tanda tangan basah yang dibubuhkan stempel Pemerintah Desa perlahan akan segera ditinggalkan dan diganti dengan tanda tangan digital (elektronik). Landasan penggunaan tanda tangan elektronik adalah Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, yang mewajibkan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) memiliki sertifikat elektronik yang memuat tanda tangan elektronik dan identitas lainnya sebagai status subjek hukum dalam transaksi elektronik.

Menindak lanjuti pengaktifan TTE Kepala Desa tersebut, KOMINFO Kabupaten Tuban menyelenggarakan pelatihan penggunaan aplikasi SEPASI Desa dan APM Desa yang berbasis TTE. Pelatihan ini diselenggarakan di Orchid Room Kayu Manis Resto pada hari Senin tanggal 14 Desember 2020. Kegiatan ini menghadirkan Operator SEPASI Desa dari seluruh Desa di Kabupaten Tuban yang dibagi menjadi beberapa tahapan untuk mengurangi tingkat kerumunan peserta yang hadir. Operator SEPASI Desa sendiri terdiri dari bermacam jabatan. Beberapa Desa menunjuk Sekretaris Desa sebagai operator SEPASI Desa dan beberapa Desa lain menunjuk Kaur dan Kasi sebagi operatornya.

Dalam kegiatan pelatihan ini, operator SEPASI Desa diajarkan untuk menggunakan TTE dalam sistem surat menyurat secara digital melalui aplikasi. Diskominfo Kabupaten Tuban menjelaskan secara detail dan terperinci mengenai alur penggunaan aplikasi dari awal yakni proses pembuatan draft surat sampai proses verifikasi TTE oleh kepala Desa yang bisa dilakukan melalui smartphone Kepala Desa.

Tahun 2021 mendatang setiap Desa di Kabupaten diwajibkan untuk menganggarkan dana guna membangun Anjungan Pelayanan Mandiri Desa (APMD). APMD merupakan satu set perangkat yang terdiri dari komputer dengan monitor layar sentuh yang dihubungkan dengan Near-Field Comuication (NFC) dan mesin pencetak (printer). Fungsi dari APMD hampir mirip dengan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik perbankan. Jika ATM mencetak struk setelah penarikan uang tunai, maka SPMD akan mencetak surat yang diinput dari warga.

Untuk menggunakan APMD nantinya warga diminta untuk mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepada operator SEPASI Desa untuk mendapatkan Personal Identification Number (PIN). PIN ini berfungsi sebagai password untuk melakukan Login di APMD. Untuk menggunakannya warga harus men-scan KTP Elektronik ke mesin pemindai di APMD. Setelah KTP berhasil di pindai, warga harus memasukkan password berupa PIN yang telah diberikan oleh Operator pada waktu pendaftaran NIK di awal. Setelah masuk kedalam sistem, warga diminta untuk memilih surat apa yang akan dibuat dengan cara menekan layar. Setelah itu surat akan secara otomatis masuk kedalam aplikasi SEPASI Desa dan akan diteruskan oleh operator kepada Kepala Desa untuk dilakukan verifikasi dan ditandatangani secara elektronik. Surat tersebut berstatus pending dan baru bisa di cetak setelah mendapatkan verifikasi dan TTE dari Kepala Desa.

Dengan adanya aplikasi SEPASI Desa dan APMD ini diharapkan dapat membantu meringankan pekerjaan Pemerintah Desa karena warga masyarakat dapat membuat dan mencetak sendiri surat yang diperlukan tanpa harus mengetik manual. Selain itu warga juga tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan tanda tangan dari Kepala Desa jika sedang tidak ada ditempat karena Kepala Desa dapat menandatangani surat tersebut secara online dari manapun dan kapanpun. (@gus_sung)

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sadang Jatirogo

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:226
    Kemarin:818
    Total Pengunjung:857.266
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.172.217.174
    Browser:Tidak ditemukan