Artikel

MONEV SILANG PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ADMINISTRASI DESA OLEH DIPEMAS TUBAN

15 Desember 2020 06:40:07  Agus S  719 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id - Tahun anggaran 2020 hanya tinggal menghitung hari dan Pemerintah Desa segera akan melakukan tutup buku untuk tahun anggaran 2020 dan mempersiapkan pembukuan tahun anggaran baru yakni tahun anggaran 2021. Sebelum melakukan tutup buku tahun anggaran 2020, Pemerintah Desa diwajibkan untuk merampungkan secara menyeluruh pelaporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran yang telah dilaksanakan selama tahun anggaran 2020. Mulai dari pelaporan hasil pembangunan proyek fisik yang ada di Desa sampai pelaporan administrasi wajib untuk dilengkapi tanpa terkecuali. Tanda tangan Aparatur Desa, kwitansi resmi yang dibubuhkan tanda tangan dan stempel dari toko rekanan serta foto kegiatan wajib ada dan lengkap dalam dokumen pelaporan.

Senin, 14 Desember 2020 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Keluarga Berencana (Dipemas dan KB) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pengelolaan Keuangan dan Administrasi Desa di dua Kecamatan yakni Kecamatan Kenduruan dan Kecamatan Jatirogo. Monev ini dilakukan secara silang yakni Dipemas didampingi oleh Pendamping APBDes dari Kecamatan melakukan Monev di Kecamatan lain. Sehingga pendamping APBDes tidak bisa ikut melaksanakan monev di Kecamatan yang dibinanya. Untuk Kecamatan Jatirogo mendapatkan jadwal jam ke-2 setelah Kecamatan Kenduruan yakni pada pukul 14.00 WIB.

Dalam monev kali ini seluruh Bendahara Desa diwajibkan hadir dengan membawa bukti bayar pihak ke-3 seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, pembayaran listrik PLN, pembayaran telefon dan internet dari Telkom, pembayaran air PDAM dan Pembayaran internet dengan security tingkat tinggi dari PLN yakni ICON+. Beberapa dari Bendahara Desa hadir dengan didampingi oleh Sekretaris Desa dan Pendamping Lokal Desa.

Seluruh dokumen pertanggungjawaban dari bulan januari sampai dengan bulan desember 2020 di cek secara teliti oleh pihak Dipemas. Mulai dari administrasi, foto kegiatan dari 0% sampai dengan 100%, kwitansi belanja sampai kesesuaian antara Rencana Anggaran dan Belanja (RAB) diperiksa secara detail. Pihak Dipemas membagi tim menjadi 3 tim sehingga dapat melakukan pemerikasaan untuk 18 Desa se-Kecamatan Jatirogo dengan lebih cepat.

Dalam Monev silanag kali ini, laporan pertanggungjawaban Desa Sadang hanya terdapat sedikit kekurangan minor. Kekurangan tersebut diantaranya ada beberapa foto kegiatan proyek yang belum di cetak  dan satu dari sekian banyak buku pembantu kas bendahara yang juga belumm di cetak.

Setelah melakukan pemerikasaan terhadap 18 Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Keluarga Berencana melakukan penilaian dan bermusyawah dengan Tim untuk menentukan satu Desa yang akan dikunjungi untuk memeriksa secara lebih detail realisasi kegiatan fisik konstruksi sesuai dengan realisasi yang ada di APBDes tahun 2020. Setelah dilakukan perundingan akhirnya Desa Bader terpilih untuk dilakukan Monev lanjutan secara lebih detil di lapangan. (@gus_sung)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sadang Jatirogo

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:466
    Kemarin:463
    Total Pengunjung:768.752
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.118.225
    Browser:Tidak ditemukan