Artikel

SOSIALISASI PERBUP TUBAN NO.55 TAHUN 2019 & SISKEUDES ONLINE

13 Oktober 2020 16:37:55  Agus S  21 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id – Kabupaten Tuban merupakan salah satu Kabupaten yang masuk kedalam kategori  Smart City di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Tuban menempati posisi 100 besar dalam pengaplikasian smart city di Provinsi Jawa Timur. Hal ini tidak terlepas dari peran serta Diskominfo Kabupaten Tuban yang sudah mendaftarkan hampir 90% Desa di Kabupaten Tuban untuk memiliki Domain Website Desa dan mendaftarkan hosting website desa dengan ekstension desa.id.

Dengan mendaftarkan hosting Website Desa sebanyak ini, tak ayal Kabupaten Tuban mendapatkan beberpa penghargaan termasuk salah satunya adalah penghargaan Kabupaten yang mendaftarkan Hosting Website Desa terbanyak.

Dengan sudah tersambugnya hampir seluruh Desa di Kabupaten Tuban dengan jaringan internet fiber optic yang di suplay oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) yakni melalui Icon+, Pemerintah Kabupaten Tuban berencana untuk mengaplikasikan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) berbasis online. Selama ini kita mengetahui bahwa SISKEUDES dikerjakan secara offline oleh operator Desa yang kemudian database dari SISKEUDES tersebut disetorkan secara berkala kepada Dipemas Kabupaten Tuban untuk di upload kedalam OM Span (Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara).

Dengan Siskeudes yang tehubung secara online dengan database terintegrasi ini nantinya operator Siskeudes tidak perlu lagi menyetorkan database untuk di upload ke OM SPAN, karena database sudah terintegrasi dan terhubung secara online di tingkat nasional.

Untuk mengaplikasikan Siskeudes online tersebut,  Pemerintah Kabupaten Tuban mengadakan pelatihan dan sosialisasi Siskeudes Online dan Sosialisasi Perbup Tuban No.55 Tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat RH. Ronggolawe Lantai 3 Sekda Kabupaten Tuban dan dilaksanakan selama beberapa hari dengan agenda 2 Desa per harinya. Untuk Kecamatan Jatirogo mendapatkan jadwal sosialisasi pada hari selasa 13 oktober 2020. Sosialisasi ini menghadirkan seluruh operator siskeudes dari 2 Kecamatan yakni Kecamatan jatirogo dan Kecamatan Senori.

Dalam sosialisasi ini operator Siskeudes di ajarkan untuk menggunakan Siskeudes dengan basis online. Siskeudes online ini hampir sama dengan siskeudes offline, yang membedakan antara keduanya adalah koneksi databasenya. Siskeudes online menggunakan database SQL yang sudah terpusat di data center Pemerintah Pusat sedangkan Siskeudes offline hanya menggunakan database lokal di komputer user.

Siskeudes Online ini tidak dapat terhubung dengan koneksi internet secara sembarangan. Siskeudes online hanya bisa dihubungkan secara nirkabel menggunakan jaringan Wifi dari Icon+ dan menggunakan kabel Local Area Network (LAN) dari Icon+. Siskeudes online tidak akan bisa dihubungkan dengan jaringan internet selain Icon+ dikarenakan siskeudes merupakan aplikasi vital yang tingkat keamanannya harus dijamin. Jika kita coba menghubungkan siskeudes dengan hotspot dari smartphone maupun jaringan wifi dari vendor operator lain, secara otomatis database Siskeudes tidak akan dapat terhubung.

Selain mendapatkan pelatihan mengenai penggunaan Siskeudes Online, para operator Siskeudes juga mendapatkan sosialisasi mengenai  Peaturan Bupati Tuban Nomor 55 Tahun 2019 yang mana sudah mengalami beberapa perubahan yang perlu diketahui dan diaplikasikan oleh Operator Siskeudes dalam meyusun rencana keuangan Desa. (@gus_sung)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sadang Jatirogo

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:185
    Kemarin:636
    Total Pengunjung:619.536
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.200.226.179
    Browser:Tidak ditemukan