Artikel

MUSYAWARAH DESA PEMBAHASAN PERUBAHAN APBDES TAHUN ANGGARAN 2020

12 Oktober 2020 22:03:42  Agus S  22 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id – Tahun anggaran 2020 sudah memasuki triwulan keempat yang merupakan triwulan terakhir di tahun anggaran 2020. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan KB (Dipemas) Kabupaten Tuban mengagendakan bagi Pemerintah Desa untuk melakukan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2020.

Perubahan APBDes atau yang lebih dikenal dengan sebutan P-APBDes ini dimaksudkan agar seluruh Pemerintah Desa di Kabupaten Tuban menganggarkan kembali dana yang berasal dari Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) di tahun berjalan. Dana ini merupakan dana yang berasal dari sisa anggaran tahun yang lalu yang mengalami kelebihan dikarenakan penghematan belanja Desa dan juga berasal dari pendapatan Desa yang belum terserap oleh Pemerintah Desa.

Dari dana SILPA ini terdapat beberapa kegiatan pada tahun 2019 yang belum terlaksana dikaenakan anggaran yang turun diakhir tahun dan sudah tidak bisa dicairkan karena pihak Bank Daerah yakni Bank Jatim yang sudah tutup buku di akhir tahun.

Menindak lankjuti instruksi dari Dipemas dan KB Kabupaten Tuban ini, Pemerintah Desa Sadang melakukan P-APBDes dengan menganggarkan dana SILPA tahun 2019 untuk dimasukkan kembali ke APBDes tahun 2020 dan melaksanakan beberapa kegiatan yang sempat tertunda di tahun 2019.

Sebelum memasukkan dana SILPA tahun 2019 ke dalam APBDes tahun 2020, Pemerintah Desa Sadang mengadakan Musyawarah Desa dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) guna membahas anggaran yang akan dilakukan perubahan. Desa Sadang memiliki SILPA tahun 2019 sebesar Rp. 78.917.355,98 yang berasal dari beberapa Sumber Dana.

Senin 12 Oktober 2020 Pemerintah Desa Sadang mengadakan Musyawarah Desa (MUSDES) dengan menghadirkan seluruh Perangkat Desa dan Anggota BPD. Di dalam Musdes ini Sekretaris Desa Sadang Agus Sungaedi menjabarkan mengenai kode anggaran yang mengalami perubahan kepada seluruh peserta rapat. Perubahan kode anggaran ini juga termasuk penganggaran kembali Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk periode ke-3 yang akan dianggarkan selama 2 bulan yakni Bulan Nopember dan Bulan Desember. 62 orang KPM akan menerima kembali BLT-DD sebesar Rp. 300.000,- selama 2 bulan yang mana kemungkinan hanya beberapa Desa saja di Kecamatan Jatirogo yang menganggarkannya, ungkap Sekretaris Desa Sadang.

Setelah semua dijelaskan secara rinci oleh Sekretaris Desa Sadang, seluruh pihak menyepakati perubahan anggaran yang dilakukan. Kemudian Perangkat Desa dan Anggota BPD membuat berita acara dan sekaligus menandatanganinya sebagai wujud dari permufakatan yang diperoleh pada saat MUSDES.

Sekretaris Desa selanjutnya akan segera menindaklanjuti hasil Musdes untuk melakukan P-APBDes tahun 2020 agar bisa segera disetorkan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan KB Kabupaten Tuban. (@gus_sung)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sadang Jatirogo

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:178
    Kemarin:636
    Total Pengunjung:619.529
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.200.226.179
    Browser:Tidak ditemukan