Artikel

PERTEMUAN FORUM KECAMATAN SEHAT DAN PEMANTAPAN POKJA DESA SEHAT DI KABUPATEN TUBAN TAHUN 2019

18 November 2019 14:34:07  Agus Sungaedi  1.662 Kali Dibaca  Berita Desa

sadang-jatirogo.desa.id - Kabupaten sehat adalah suatu kondisi dari suatu wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya dengan mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat yang saling mendukung melalui koordinasi forum kecamatan dan difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan masing-masing desa.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemerintah Kabupaten Tuban mengagadakan Pertemuan Forum Kecamatan Sehat Dan Pemantapan Pokja Desa Sehat Di Kbupaten Tuban. Acara ini dilaksanakan di lantai 3 Gedung Ronggolawe Setda Kabupaen Tuban pada hari senin tanggal 18 Nopember 2019. Acara ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Forum Kecamatan Sehat, Bidang Promosi Kesehatan Puskesmas, Bidan Koordinator serta ketua Poskesdes se-Kabupaten Tuban.

Kabupaten Tuban mulai membentuk Kota Sehat sejak tahun 2014 silam dan pada tahun 2017 Kabupaten Tuban menempati urutan ke-33 Kabupaten Sehat di Jawa Timur. Kabupaten Tuban memperoleh penghargaan SWASTI SABA berupa penghargaan PADAPA. PADAPA merupakan penghargaan pemantapan yang diperoleh suatu kota yang telah memenuhi dua tatanan sebagi Kota/Kabupaten Sehat.

          Penyelenggaraan Kab./Kota Sehat diwujudkan dengan menyelenggarakan semua program yang menjadi permasalahan di daerah, secara bertahap, dimulai kegiatan prioritas bagi masyarakat di sejumlah kecamatan pada sejumlah desa/kelurahan atau bidang usaha yang bersifat sosial ekonomi dan budaya di kawasan tertentu. Pelaksanaan Kab./Kota sehat dilaksanakan dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan dengan melelui pembentukan Forum yang disepakati masyarakat. Dengan dukungan pemerintah daerah dan mendapatkan fasilitasi dari sektor terkait melalui program yang telah direncanakan.

Dalam Pelaksanaannya penyelenggaraan Kab./kota sehat lebih mengutamakan proses dari pada target, berjalan terus-menerus dimulai dengan kegiatan prioritas dalam suatu tatanan kawasan dan dicapai dalam waktu yang sesuai dengan kemampuan masyarakat dan semua stakeholder yang mendukung.

Ada 9 Tatanan Kawasan Kabupaten/Kota untuk menjadi Kabupaten/Kota sehat, yaitu :
- Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum
- Kawasan Sarana Lal Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi
- Kawasan Pertambangan Sehat
- Kawasan Hutan Sehat
- Kawsan Industri dan Perkantoran Sehat
- Kawasan Pariwisata Sehat
- Ketahanan Pangan dan Gizi
- Kehidupan Masyarakat Yang Sehat dan Mandiri
- Kehidupan Sosial Yang Sehat

          Untuk mencipatakan 9 Tatanan Kawasan diatas, maka perlu dibentuk suatu Forum Masyarakat yang mampu menjalin kerjasama antar mayarakat, Pemerintah Daerah dan pihak swasta, serta dapat menampung aspirasi masyarakat dan kebijakan Pemerintah secara seimbang dan berkelanjutan dalam mewujudkan sinergi pembangunan yang baik. Forum memiliki fungsi sebagai mediator anara Pemerintah Daerah dengan masyarakat luas dan menjadi fasilitator dalam mengidentifikasi kebutuhan pembangunan di masyarakat. Tugas dari forum adalah untuk melakukan pertemuan berkala dengan masyarakat, memberikan penyuluhan terhadap indikator-indikator yang ditetapkan oleh tim pembinda dan menyusun indikator forum. Tanpa adanya suatu Forum, maka indikator sebagai Kota/Kabupaten Sehat tidak akan bisa terpenuhi.

Setelah petemuan ini diharapkan semua pihak bekerja sama untuk mendukung kegiatan Kota/Kabupaten Sehat  yang akan diselenggarakan pada Tahun 2020 mendatang. Kegiatan Kabupaten Sehat Tahun 2020 akan dilakukan penyeleksian oleh Gubernur Jawa Timur melalui Tim Pembina Provinsi yang beranggotakan unsur Pemerintah Daerah Provinsi dan Instansi Terkait. Penilaian akan dilaksanakan sekitar bulan Maret-Apil 2020. Namun poin penting dari Penyelengaraan Kota/Kabupaten Sehat ini adalah bukan mengenai hasil dan juaranya, namun proses untuk menuju Kota / Kabupaten Sehat adalah poin utama yang sangat penting. Semoga pada tahun 2020 Kabupaten Tuban dapat memperoleh Penghargaan SWASTISABA WISTARA. (@gus_sung)

 

sumber artikel : Website Bappeda Kabupaten Gianyar, Republik News

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.038
    Kemarin:3.621
    Total Pengunjung:2.766.601
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.173.181.0
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com