Artikel

GEBYAR SENAM MASSAL AYO NING TUBAN DALAM RANGKA HARI JADI TUBAN KE-726

15 November 2019 22:19:30  Agus Sungaedi  1.108 Kali Dibaca  Berita Desa

sadang-jatirogo.desa.id  Pemerintahan Kabupaten Tuban ada sejak tahun 1293 atau sejak pemerintahan Kerajaan Majapahit. Pusat pemerintahannya dulu adalah di Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding dan kota Tuban yang sekarang dulunya adalah Pelabuhan karena dulu Tuban merupakan armada Laut yang sangat kuat. Asal nama Tuban sudah ada sejak pemerintahan Bupati Pertama yakni Raden Dandang Wacana. Namun, pencetusan tanggal hari jadi Tuban berdasarkan peringatan diangkatnya Raden Haryo Ronggolawe pada 12 November 1293. Tuban dulunya adalah tempat yang paling penting dalam masa Kerajaan Majapahit karena berfungsi sebagai pelabuhan dan portal utama.

          Tanggal 12 Nopember 2019 kemarin, Kabupaten Tuban merayakan hari jadi yang ke-726. Ini merupakan usia yang terbilang cukup tua bagi berdirinya suatu Kabupaten. Untuk memperingati hari jadi Kota Tuban yang ke-726, Pemerintah Kabupaten Tuban menggelar Gebyar Senam Massal Ayo Ning Tuban. Dalam pagelaran senam massal ini Pemerintah Kota Tuban mengundang para peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari Pemerintah Desa, Organisasi Perangkat Daerah dan Camat, karyawan Pemkab Tuban, organisasi perempuan,  komunitas/regu senam, serta pelajar dari 20 Kecamatan di Kabupaten Tuban. Dalam pelaksanaan senam ini, peserta menggunakan pakaian khas Tuban tempo dulu untuk mengingat kenangan pada zaman dahulu di Kabupaten Tuban. Untuk wanita memakai kebaya lengkap beserta kain jarik dan selendang, sedangkan untuk pria memakai uniform dari instansi masing-masing disertai dengan memakai ikat kepala / udeng.

          Senam Massal Ayo Ning Tuban ini digelar di alun-alun Kota Tuban pada hari jum'at tanggal 15 Nopember 2019 mulai pukul 06.00 WIB. Senam ini mulai di perkenalkan oleh Pemerintah Kabupaten Tuban beberapa waktu lalu. Lagu Ayo Ning Tuban yang dipakai untuk senam ini pun merupakan lagu jargon pariwisata Kabupaten Tuban yang menggambarkan tentang potensi wisata dan kearifan lokal budaya masyarakat Tuban. Lagu ini diciptakan oleh Listyo Utomo, SH, ST Kepala Bidang Kepemudaan pada Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbupora) Kabupaten Tuban. Beberapa waktu belakangan ini lagu Ayo Ning Tuban juga menjadi trending di search engine Google dan Youtube.

          Sebelum senam dimulai, Bupati Tuban menyampaikan beberapa sambutan sekaligus sebagai pembuka acara. Beliau menyampaikan rasa bangga terhadap semua peserta senam yang hadir karena sebelumnya Pemda Tuban belum pernah mengumpulkan peserta senam sebanyak ini. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang sudah berkenan menghadiri kegiatan senam tersebut. Senam ini akan mengingatkan kita tentang zaman dahulu kala dengan pakaian tradisional kuno khas Tuban yang dipakai oleh para peserta, imbuh KH. Fathul Huda.

          Setelah Bupati Tuban menyampaikan sambutan, para peserta kemudian yang berjumlah lebih dari 16.000 peserta yang memadati alun-alun Tuban tersebut merapikan barisan dan bersiap melakukan senam. Terlebih dahulu peserta melakukan warming-up untuk melemaskan otot dan kemudian dilanjutkan dengan Senam Ayo Ning Tuban. Senam Ayo Ning Tuban berdurasi sekitar 6 menit.

Selesai senam seluruh pandangan peserta tertuju pada pesawat tanpa awak / drone yang berputar-putar diatas para peserta senam dengan membawa box kardus kecil yang diikat menggunakan tali. Kejutan pun terjadi, setelah mendapat aba-aba dari panitia, drone tersebut tiba-tiba melepaskan tali pengait dan box yang berisi puluhan lembar mata uang dengan pecahan 5.000, 10.000, 20.000, 50.000, dan 100.000 tersebut berhamburan ke angkasa. Peserta yang melihat lembaran uang yang jatuh dari langit itu pun berhamburan dan berdesakan berusaha mengambil uang yang jatuh dari langit itu  sebanyak banyaknya. Hal ini mengingatkan pada masa kecil kita zaman dahulu dimana setiap ada pesawat terbang yang melintas, orang tua kita selalu bilang "Pesawat Njaluk Duit'e" (Pesawat minta uangnya). Hal ini adalah memang tujuan Bupati Tuban untuk mengenang memory pada zaman dahulu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengundian door prize dari panitia. Panitia menyediakan hadiah berupa setrika, kulkas, sepeda dan masih banyak hadiah lainnya. Undian dilakukan berdasarkan instansi, jadi yang mendapatkan hadiah bukanlah perseorangan melainkan perwakilan dari instansi. Beberapa peserta berkerumun didepan panggung undian. Sedangkan peserta yang lain sudah membubarkan diri dan kembali untuk menjalani aktifitas. (@gus_sung)

 

sumber artikel : Wikipedia - ensiklopedia bebas

          

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:3.350
    Kemarin:2.744
    Total Pengunjung:2.765.292
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.232.169.110
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com