Artikel

PERLOMBAAN ANTAR INSTANSI SE-KECAMATAN JATIROGO

29 Agustus 2019 12:36:37  Agus Sungaedi  1.068 Kali Dibaca  Berita Desa

sadang-jatirogo.desa.id - Setelah melaksanakan senam pagi dan santap pagi bersama, seluruh peserta lomba bergeser ke halaman Kecamatan Jatirogo untuk persiapan pelaksanaan lomba. Sebelum melaksanakan perlombaan, seluruh peserta berkumpul sesuai dengan tempat perlombaan dan mendaftar di panitia masing-masing perlombaan. Disini peserta mengisi formulir yang disediakan panitia. Peserta mengisi nama peserta, nama instansi dan perlombaan yang akan diikuti. Satu peserta dapat mengikui lebih dari satu perlombaan. Kepala Desa Sadang, Ibu Suci Arini beserta Perangkat Desa Sadang juga turut hadir dan berpartisipasi dalam acara perlombaan ini.

Lomba yang dilaksanakan untuk pertama kali adalah lomba Centel Caping. Sebelum perlombaan dimulai oleh peserta lomba, Camat Jatirogo, Ketua Korwilcam , Danramil dan Kapolsek Jatirogo terlebih dahulu membuka perlombaan dengan menjadi peserta lomba akan tetapi keikutsertaannya tidak dihitung dalam penilaian. Dalam perlombaan kali ini peserta dituntut untuk memasukkan kawat yang berada dibagian ujung atas caping kedalam lubang kawat yang sudah disediakan oleh panitia. Peserta yang terlebih dahulu memasukkan kawat caping kedalam lubang terlebih dahulu adalah sebagai pemenang. Disini Pemdes Sadang diwakili oleh Pak Subandi (Kepala Dusun Sadang) dan Pak Sarilan (Kaur Tata Usaha & Umum).

Perlombaan selanjutnya adalah perlombaan yang sangat klasik dan sampai sekarang masih ada, yaitu lomba makan kerupuk. Akan tetapi lomba makan kerupuk kali ini agak sedikit dimodifikasi dan sedikit berbeda dengan lomba makan kerupuk dahulu. Disini peserta harus menghabiskan kerupuk yang sudah digantung dan diberi pemberat. Kemudian kerupuk diikat dan kemudian tali  yang mengikat kerupuk diikatkan ke bagian kaki peserta. Sehingga peserta harus mengangkat satu kaki yang diikat dengan kerupuk agar posisi kerupuk turun dan dapat dimakan. Apabila kaki diturunkan kembali maka kerupuk akan naik ke atas lagi. Peserta yang terlebih dahulu menghabiskan kerupuk dinyatakan sebagai pemenang. Disini Camat Jatirogo, Danramil dan Kapolsek Jatirogo juga mengawali sebagai peserta untuk membuka perlombaan. Pada lomba makan kerupuk ini Pemdes Sadang lagi-lagi diwakili oleh Pamong Senior, Pak Sarilan.

Kemudian dilanjutkan dengan lomba Kempit Balon. Pada perlombaan kali ini peserta adalah tim yang terdiri dari dua orang. Dua orang saling membelakangi dan kemudian ditaruh balon diantara punggung kedua peserta. Peserta harus berlari sampai ke garis yang ditentukan sambil menjepit balon dipunggung meraka. Kemudian setelah sampai ke garis yang ditentukan, peserta harus kembali lagi sampai ke garis finish. Peserta yang sampai ke garis finish terlebih dahulu tanpa menjatuhkan balon adalah pemenangnya. Pemdes Sadang diwakili oleh Tim Pak Subandi dan Pak Sarilan.

Dilanjutkan dengan lomba Sunggi Tampah. Dalam lomba ini peserta diharuskan berjalan cepat menuju garis finish 1 dan kembali lagi ke garis finish 2 dengan menyunggi (membawa diatas kepala - bahasa jawa) tampah. Peserta harus beradu cepat agar bisa cepat ke garis finish 2. Peserta yang paling cepat sampai ke garis finish 2 dan menyunggi tamah tanpa jatuh akan menjadi pemenangnya. Pada lomba Sunggi Tampah ini Pemdes Sadang diwakili oleh Bu Sulastri (Bendahara Desa Sadang).

Selanjutnya adalah lomba Memindahkan Belut. Dalam lomba ini peserta dituntut untuk adu cepat memindahkan belut. Belut yang berada di wadah ember 1 harus dipindahkan ke ember 2. Peserta harus berlari dan beradu cepat dengan peserta lain untuk memasukkan belut ke ember 2. Dalam membawa belut, peserta hanya boleh mmbawa satu ekor belut dan tidak boleh lebih, karena jika terbukti peserta membawa lebih dari satu ekor belut dalam sekali jalan maka peserta dinyatakan diskualifikasi. Peserta  yang paling banyak memindahkan belut dinyatakan sebagai pemenang. Dalam perlombaan ini Pemdes Sadang diwakili oleh Sekretaris Desa Sadang, Agus Sungaedi.

Selain lomba-lomba diatas masih banyak lomba yang diadakan oleh Kecamatan Jatirogo. Diantaranya adalah lomba Paduan Suara, Lomba Memasukkan Paku Kedalam Botol dan lomba Merias Wajah Tanpa Kaca. Lomba dilanjutkan sampai ke tahap final setelah kualifikasi di babak awal. Kemudian pemenang lomba berhak mendapatkan hadiah dari Kecamatan Jatirogo.
Akan tetapi bukan hanya hadiah yang menjadi tujuan utama dari diadakannya perlombaan ini, terjalinnya silaturahmi antar Instansi se-Kecamatan Jatirogo adalah tujuan utama dari perlombaan ini. Sehingga dapat meningkatkan keakraban dan koordinasi yang baik antar Instansi. (@gus_sung)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Desa Sadang Menuju Desa Informatif

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:381
    Kemarin:3.621
    Total Pengunjung:2.765.944
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.173.214.79
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. P. Sudirman No. 603 Desa Sadang Kecamatan Jatirogo
Desa : Sadang
Kecamatan : Jatirogo
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62362
Telepon : 0356552770
Email : desasadangjatirogo@gmail.com